logo


Unik, 6 Jenis Anggrek Menyerupai Hewan

Bunga anggrek yang dikenal dengan nama Monkey Orchid atau anggrek monyet.

24 November 2014 15:48 WIB

bunga anggrek menyerupai monyet
bunga anggrek menyerupai monyet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bila bunga anggrek dapat dibedakan dari jenis dan warnanya, tidak demikian dengan anggrek yang satu ini. Anggrek ini memiliki corak menyerupai hewan seperti monyet, dan lebah, bebek, bahkan terlihat seperti burung.

Inilah jenis anggrek yang menyerupai hewan tersebut. :

1. Monkey Orchid.
Bunga anggrek yang dikenal dengan nama Monkey Orchid atau anggrek monyet. Penampakan corak bunga anggrek itu benar-benar mirip dengan wajah seekor monyet.

Awalnya, keberadaan bunga anggrek monyet itu sempat diragukan. Namun keberadaannya terkuak sejak foto-fotonya beredar di internet sekitar setahun yang lalu.


Anggrek Spatholottis, Prospek Baru Tanaman Lanscape Tropis

Nama ilmiah bunga Monkey Orchid itu adalah Dracula Simia. Sesuai dengan sosok makhluk penghisap darah, Drakula. Bunga itu memiliki 2 bagian yang menjuntai ke arah bawah, mirip dengan taring Bram Stoker, salah satu drakula yang terkenal.

Sementara dalam bahasa Latin, Dracula Similia berarti monyet.

2. Anggrek Apifera

Bernama latin, Ophrys apifera, yang dikenal di Eropa sebagai bunga anggrek lebah. Nama “Ophrys” berasal dari kata Yunani ophrys, yang berarti “alis”, sedangkan Latin julukan apifera berarti “lebah” dan mengacu pada bibir berbentuk lebah anggrek.

Anggrek lebah umumnya tumbuh di semi-kering rumput , di padang rumput, di atas batu kapur, bukit kapur atau di daerah terbuka di hutan. Ini lebih memilih tanah berkapur, dalam cahaya terang atau sedikit cahaya redup.

Ophrys apifera merupakan spesies iklim, ini dimaksudkan karena hanya dapat di temui mulai dari Atlantik (Eropa) ke Kaukasus. Hal ini sangat umum di wilayah Mediterania timur ke Laut Hitam.

3. Anggrek Phalaenopsis

Anggrek ini benar-benar cantik, tampak seperti berkepala burung kecil yang sedang menjaga nektar pada bunga.

Bernama Pink Moth Orchid (Phalaenopsis), dikenal juga anggrek ‘ngengat’. Anggrek ini mungkin adalah Anggrek yang paling lama mekar, yang menjadi favorit bagi mereka pecinta anggrek, terutama wanita.

Anggrek ini adalah ‘penduduk’ asli Asia tenggara, termasuk Indonesia.

4. Anggrek Flying Duck

Bunga anggrek di Australia terlihat sangat unik. Hal itu dikarenakan, bunga anggrek itu seperti seekor bebek yang sedang mengepakkan sayapnya.

Bunga anggrek ini diberi nama “Flying Duck Orchid”. Bunga ini tampak seperti bebek kecil dengan kepala dan paruh yang terangkat tinggi ke atas dan sayap yang terbentang seperti ingin terbang.

Anggrek berjenis Caleana ini sangat unik, karena tidak bisa dibudidayakan. Pasalnya akar bunga ini tersambung dengan vegetatif jamur yang hanya ditemukan di alam liar negara Australia bagaian timur dan selatan.

5. Anggrek White Egret

Bunga tampak seperti burung menyebar bulu putih lembut nya, bersiap-siap untuk lepas landas.

Sudah jelas mengapa bunga ini dinamai “white egret” atau bangau putih sebab bentuknya memang mirip bangau yang sedang terbang.

Bernama latin, Habenaria radiata, adalah spesies anggrek endemik mulai dari China, Jepang, Korea, dan Rusia.

6. Anggrek Dove

Anggrek merpati (Dendrobium crumenatum) merupakan anggrek yang cukup populer karena bentuk bunganya yang seperti burung merpati sedang terbang.

Anggrek merpati memiliki habitat hidup yang luas, mulai dari Indonesia, Singapura, Thailand, hingga ke Filipina dan Papua, sehingga mudah ditemui bahkan pada cabang-cabang pohon di pinggir jalan sekalipun. Anggrek ini juga dapat bertahan hidup hampir dimana pun, baik itu daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.


 

Melirik Pesona Keindahan Tanaman Asli Gunung Semeru, Anggrek Selop

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid