logo


Unik, Bunga Anggrek Seperti Bebek Terbang

Anggrek ini terlihat persis seperti bebek, kelopak bunganya yang seperti bebek menjuntai di atas dedaunan,

24 November 2014 15:41 WIB

bunga anggrek mau terbang
bunga anggrek mau terbang

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ternyata ada bunga anggrek yang bila dilihat seperti pose bebek mau terbang. Ya, bunga anggrek itu hanya tumbuh di kawasan pedalaman Australia.

Bunga anggrek bernama Flying Duck Orchid ini merupakan anggrek dengan jenis Caleana. Anggrek ini termasuk jenis tanaman bunga yang langka dan tumbuh liar di hutan Australia.

Karen Groeneveld yang tinggal di Gunung Jerrabomberra di Queanbeyan, New South Wales, telah memperhatikan koloni kecil tanaman ini selama beberapa tahun. Populasi tanaman anggrek ini diyakini hanya belasan saja dan para penggemar anggrek sengaja merahasiakan lokasi tumbuhnya anggrek ini.
 
"Anggrek ini terlihat persis seperti bebek, kelopak bunganya yang seperti bebek menjuntai di atas dedaunan, ini merupakan benda yang sangat ikonik,” kata Groeneveld.
 
Namun Groeneveld mengatakan dirinya sangat khawatir pembakaran lahan rutin yang dilakukan di kawasan yang terdapat koloni anggrek langka ini telah membuat semak-semak pepohonan semakin menipis dan membuat anggrek itu sulit tumbuh.
 
"Mengapa kita menyebutnya cagar alam, jika kita justru membakar semuanya?" katanya.
 
"Kita bukan hanya perlu melestarikan pohon-pohon. Tapi saya kira banyak orang melihat semak dan mereka hanya memikirkan pohonnya saja, mereka tidak memikirkan apa yang hidup dibawah kaki pohon tersebut," tambahnya.
 
Groeneveld mengatakan masalah utama adalah kebijakan pemerintah untuk melakukan pembakaran lahan di musim semi, ketika banyak spesies tanaman yang terancam punah justru tengah dalam periode pertumbuhan aktif mereka.
 
"Memang membakar lahan di musim semi lebih mudah bagi pengelola taman, karena dianggap lebih aman lantaran tidak ada udara panas yang akan membuat kebakaran meluas,” ujarnya.
 
"Tapi kebanyakan spesies ini justru berevolusi dari sistem pembakaran di musim panas, ketika tunas mereka di bawah tanah terbengkalai, tidak di musim semi atau musim gugur," tambah Groeneveld.
 

Mengulik Keindahan White Egret, Spesies Anggrek yang Mirip Bangau Terbang

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid