logo


Mendag: Prestasi Besar Pemerintah Adalah Telah Menjaga Ketersediaan Beras dan Mencegah Impor

Enggar pun menegaskan bahwa untuk harga beras pada saat ini masih cukup terkendali, karena stoknya sendiri menurutnya masih sangat banyak

20 Desember 2016 15:22 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat sidak di Pasar Grogol, Jakarta Barat, Jumat (16/9/2016).
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat sidak di Pasar Grogol, Jakarta Barat, Jumat (16/9/2016). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, mengatakan, salah satu upaya dari pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) yang perlu diberi apresiasi adalah telah berhasil meningkatkan produksi beras dalam negeri dan menjaga ketersediaan pasokan.

“Kita apresiasi kerja keras Mentan untuk menjaga produktivitas beras dan mengupayakan ketersediaan stok beras nasional. Dengan adanya kerja keras tersebut kita sampai saat ini tidak melakukan langkah impor beras,” kata Enggar, begitu ia akrab disapa, di Jakarta, Selasa (20/12).

Lebih lanjut Enggar menjelaskan, berdasarkan hasil pantauannya di pasar Induk beras Cipinang, Jakarta Timur, menujukan bahwa ketersediaan beras masih sangat cukup.


Jelang Natal, Suplai Beras ke Pasar Induk Cipinang 3 Ton/Hari

“Di pasar Induk Cipinang stoknya cukup banyak bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat hingga 3-4 bulan ke depan,” tutur Enggar.

Selain itu, lanjutnya, Kemendag dan Bulog juga telah melakukan langkah antisipasi, dimana Bulog sudah menyediakan stok yang cukup banyak.

“Untuk stok yang dimiliki Bulog pada saat ini bisa mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat hingga bulan Mei yang akan datang,” papar Enggar.

Sementara itu di lapangan sendiri, kata dia, padi para petani sudah mulai menguning dan diperkirakan pada bulan Maret dan April akan ada panen raya lagi.

“Ini merupakan sebuah prestasi yang dilakukan oleh Kementan yang ternyata terbukti bahwa kita tidak harus melakukan impor beras dan stok kebutuhan juga bisa tercukupi dari dalam negeri,” tegas Enggar.

Terakhir, Enggar pun menegaskan bahwa untuk harga beras pada saat ini masih cukup terkendali, karena stoknya sendiri menurutnya masih sangat banyak.

 

Ketersediaan Penggilingan, Masih Menjadi Tantangan di Sektor Perberasan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana