logo


Tahapan Jitu Membuat Teh Kombucha ala Rohati

Untuk mengawali usaha pembuatan teh Kombucha bisa dimulai dengan modal sekitar Rp 1,5 juta yang digunakan untuk membeli koloni Kombucha dan peralatan pendukungnya.

20 Desember 2016 14:45 WIB

Teh Kombucha.
Teh Kombucha. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pernahkah Anda mendengar nama teh Kombucha? Di negeri Tirai Bambu, teh Kombucha populer dengan julukan jamur teh manchuria (manchurian tea mushroom).

Di Indonesia sendiri, teh Kombucha telah dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan sejak tahun 1930-an. Masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan teh Kombu. Di beberapa daerah, orang menyebut ragi penghasil teh ini dengan sebutan 'Jamur Dipo', yang berarti 'Jamur Benteng'.

Mengetahui manfaatnya yang tidak sedikit, tak berlebihan jika banyak orang menjulukinya dengan sebutan ‘tea of immortality’ atau teh rahasia panjang umur.


Cara Jitu Membuat Teh Herbal Tanpa Kutu

Rohati adalah salah satu yang terjun di bisnis teh kombucha ini. Diakuinya, untuk mengawali usaha pembuatan teh Kombucha bisa dimulai dengan modal sekitar Rp 1,5 juta yang digunakan untuk membeli koloni Kombucha dan peralatan pendukungnya. 

Sebelum membuat teh Kombucha, kata pemilik brand Kombucha Super ini, peralatan yang perlu dipersiapkan ialah wadah atau panci yang terbuat dari bahan kaca atau stainless steel, toples kaca atau wadah yang terbuat bukan dari logam atau plastik, kain sebagai penutup toples (tidak ada ketentuan jenis kain asalkan memiliki pori-pori yang bisa meloloskan udara, botol kaca atau plastik (sebagai kemasan), corong untuk menuangkan teh ke dalam kemasan. 

Sedangkan bahan yang perlu dipersiapkan adalah lembar koloni Kombucha, satu liter air putih, gula pasir 75-100 gram (10% dari volume air), dan empat bungkus teh celup atau teh rajangan 4-8 sendok teh. 

"Koloni Kombucha yang sehat berwarna putih bersih, mengkilap, dan bentuknya menyerupai kue serabi. Selain peralatan dan bahan, tempat pembuatan juga perlu diperhatikan. Pilihlah tepat yang teduh, terhindar dari sinar matahari langsung, gelap, kering dan bersih agar koloni Kombucha dapat tumbuh dengan optimal," ungkap Rohati, dikutip dari tabloid infowirausaha.

Dikatakan Rohati, untuk pembuatan teh Kombucha, langkah awal yang perlu dilakukan ialah membuat ekstraksi teh dengan cara merebus satu liter air hingga mendidih dalam wadah steinless steel. Kemudian tuangkan 4-8 sendok teh (sekitar 20 gram) teh hijau/hitam atau empat sachet teh celup ke dalamnya. 

"Biarkan beberapa menit (sekitar 15 menit) hingga teh melarut. Setelah larut saring teh untuk memisahkan air atau ekstraksi teh dari ampas teh," beber Rohati.

Langkah berikutnya ialah pencampuran gula selagi air teh masih panas dengan menuangkan 4-5 sendok makan gula putih (sekitar 70-100 gram), lalu aduk hingga gula melarut sempurna. Setelah itu lakukan proses pendinginan hingga suhu teh manis turun mencapai suhu ruangan (sekitar 25-27  °C). Jika larutan teh masih panas, dikhawatirkan koloni Kombucha akan mati. 

Ini Khasiat Jitu Teh Pisang untuk Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Riana