logo


Pesawat Hercules Jatuh di Wamena, Jokowi Sampaikan Belasungkawa dan...

Pesawat Hercules A-133 yang jatuh di dekat Bandara Wamena, Papua, ternyata sempat berganti jalur runway tujuan sebelum jatuh di dekat Bandara Wamena

19 Desember 2016 08:00 WIB

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. Humas Setkab

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas insiden jatuhnya pesawat Hercules jenis C-130 HS di Wamena, Papua. Dalam insiden itu setidaknya 13 orang meninggal dunia.

Ungkapan Jokowi itu tampak pada postingan di akun Twitter resminya (@jokowi). "Kita kembali berduka atas jatuhnya pesawat TNI AU di Wamena. Akar masalah harus dapat diatasi, agar tidak terulang lagi -Jkw" tulis Jokowi.

Sementara itu, seperti disampaikan Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam keterangannya, hari Minggu, tanggal 18 Desember 2016, Jokowi ingin agar persoalan tersebut dapat segera dituntaskan sehingga tak terulang lagi di kemudian hari.


Ini Spekulasi Baru Jatuhnya Hercules di Medan, Gara-Gara ada Tower

Untuk diketahui, Pesawat Hercules A-133 yang jatuh di dekat Bandara Wamena, Papua, ternyata sempat berganti jalur runway tujuan sebelum jatuh di dekat Bandara Wamena.

Wakasau, Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja, dalam jumpa pers di Halim Perdanakusuma, menjelaskan, saat akan tiba di Bandara Wamena, pilot Mayor Pnb Marlon A Kawer, melakukan kontak dengan tower Wamena untuk melakukan pendaratan di Runway 15. Namun karena ujung Runway 15 kurang baik, maka diganti ke Runway 33.

Hadiyan kemudian membeberkan kronologi penerbangan Hercules A-133 tersebut. Pada pukul 05.35 WIT, pesawat take off dari pangkalan Timika menuju Bandara Wamena, yang diharapkan mendarat di Wamena pada pukul 06.13 WIT. Pada pukul 06.02 WIT, pesawat kemudian melakukan kontak dengan tower Wamena.

"Pada awalnya akan melaksanakan pendaratan dari ujung landasan pacu 15. Karena ujung Runway 15 kurang baik, maka diubah ke 33," jelas Hadiyan, Minggu (18/12), di Baseops, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pada pukul 6.08 WIT, tower melihat visual Hercules A-133 di down wing. Namun pada pukul 6.09 WIT, saat tower mamanggil-manggil, pesawat sudah tidak ada lagi jawaban. "Pukul 06.13 WIT pesawat mengalami kecelakaan di dekat landasan 33," imbuh Hadiyan.

Hercules Jatuh, 12 Kru dan 1 Penumpang Tewas

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro