logo


Kiat Membuat Jamu Herbal Untuk Ayam Sendiri

Jamu ayam aduan racikan sendiri terbuat dari bahan-bahan alami, seperti, beras, kunyit, kencur, dll

24 November 2014 11:05 WIB

Jamu atau vitamin yang diberikan bisa berupa jamu instan yang biasa diminum manusia atau racikan sendiri. FOTO : ISTIMEWA
Jamu atau vitamin yang diberikan bisa berupa jamu instan yang biasa diminum manusia atau racikan sendiri. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selain makanan pokok, ayam aduan juga memerlukan makanan tambahan (suplemen) untuk mendukung kemampuan dan kekuatannya. Suplemen ini bisa berupa jamu atau vitamin.

Jamu atau vitamin yang diberikan bisa berupa jamu instan yang biasa diminum manusia atau racikan sendiri. Jamu ayam aduan racikan sendiri terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti, beras, kunyit, kencur, temulawak, madu, telur, tepung beras, dan lainnya.

Nah, Anda pun bisa kok meracik jambu herbal untuk ayam Anda sendiri. Berikut JITUNEWS uraikan tahapannya.


Ingin Sapi Anda Sehat dan Kuat? Coba Berikan Ramuan Herbal ini..

Resep I

Bahan-bahan Jamu

Jahe 1 kg

Kunyit ½ kg

Gula merah 1 kg

Kopi bubuk ½ kg

Daun-daun herbal yang berfungsi untuk kesehatan dan penambah stamina

Cara Membuat

1. Haluskan kunyit dan jahe yang sudah dibersihkan (bisa diblender bisa diparut)

2. Campur seluruh bahan tadi dengan kopi bubuk

3. Rebus air yang sudah dimasukkan gula merah

4. Setelah mendidik masukkan campur kunyit, jahe, kopi, dan daun-daun herbal

5. Aduk terus sampai mengental seperti dodol

6. Angkat dan dinginkan

7. Setelah dingin, buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran bukaan mulut ayam Bangkok. Keringkan.

Saran Pemakaian : Beri jamu ini sebutir tiap hari sekali. Jamu ini bisa dikonsumsi untuk anak ayam petarung, ayam aduan Bangkok rawatan, dan botohnya.

Resep II

Di samping resep racikan jamu ayam Bangkok di atas, ada juga resep lain yang berfungsi untuk menambah stamina. Antara lain: memberi ayam Bangkok aduan air yang dicampur dengan rebusan air jahe dan kunir. Pemberian air campuran ini dilakukan seminggu tiga kali, dan tiap hari diberi 2 kali sehari, pagi dan sore.

Diimbangi dengan pemberian pakan yang terbuat singkong rebus tumbuk, biji-bijian pakan burung perkutut, dan cacing yang sudah dibersihkan kotorannya, setiap sore hari. Sementara, di pagi harinya, ayam diberi pakan biji-bijian saja atau pakan yang sudah standar.

Resep II ini juga sebaiknya didukung dengan pola perawatan yang tepat, seperti memberi babon supaya ayam tidak stres, tenggeran dibuat minimal satu meter, kandang yang luas supaya ayam Bangkok petarung bebas bergerak, dan lain sebagainya.

Di samping dengan mengonsumsi jamu penambah stamina, tentunya ayam harus dilatih secara baik dan benar untuk mendapatkan stamina yang kuat.

Ini Lho Tips Membedakan Branjangan dan Richards Pipit

Halaman: 
Penulis : Riana