logo


Saring Berita Hoax, Facebook Rilis Fitur Baru

Facebook juga memperkenalkan label untuk cerita yang disengketakan

17 Desember 2016 08:00 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Media sosial besutan Mark Zuckerberg, Facebook, mengumumkan telah meluncurkan fitur baru untuk membantu memerangi berita palsu alias hoax yang beredar lamannya.

Jaringan sosial telah menambahkan opsi baru berjudul "it's a fake news story" untuk fitur pelaporan, yang saat ini digunakan untuk spam atau konten lainnya yang dinilai menggangu. 

Facebook juga memperkenalkan label untuk cerita yang disengketakan. Hal itu akan merujuk pada organisasi pihak ketiga pemeriksa fakta. 


Untung 50 persen, Facebook Buktikan Jika Iklan Pindah ke Media Sosial

Pihak Facebook juga masih terus melakukan perubahan lain yang dirancang untuk memerangi penyebaran informasi yang salah.

"Kami percaya dalam memberikan orang suara dan bahwa kita tidak bisa menjadi penengah dari kebenaran diri kita sendiri, jadi kita mendekati masalah ini dengan hati-hati," kata perusahaan itu dalam pengumumannya. 

Langkah ini diambil Facebook setelah bulan lalu kebanjiran kritik setelah sejumlah pengguna mengeluh bahwa berita palsu telah mempengaruhi pemilihan presiden Amerika Serikat. 

Fitur-fitur baru yang disiapkan Facebook termasuk kemampuan untuk bendera cerita palsu, serta kemungkinan perubahan algoritma Facebook di masa depan.

Duh, Akun Facebook Perwira TNI Dibajak untuk Menghina Presiden Jokowi!

Halaman: 
Penulis : Riana