logo


Yuk, Intip Khasiat Ampuh Si Daun Wangi Ini..

Daun pandan mempunyai seperti kandungan alkaloida, saponim, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna alami

24 November 2014 10:28 WIB

Dengan minum rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari, dipercaya mampu mengatasi penyakit syaraf yang lemah. FOTO : ISTIMEWA
Dengan minum rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari, dipercaya mampu mengatasi penyakit syaraf yang lemah. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Daun pandan biasa digunakan sebagai bahan pewangi untuk makanan manis yang menggunakan santan. Selain sebagai pengharum alami makanan dengan aroma yang khas, daun pandan juga bisa digunakan sebagai pewarna hijau alami makanan. Daun pandan mempunyai seperti kandungan alkaloida, saponim, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna alami lainnya.

Daun pandan ternyata tidak hanya sekedar bisa digunakan sebagai pengharum dan pewarna alami pada makanan, namun daun pandan ternyata juga biasa digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional. Beberapa jenis pengobatan alami dengan bahan dasar daun pandan di antaranya seperti:

Dilihat dari sudut pandang pengobatan tradisional daun pandan sering dimanfaatkan sebagai bahan obat untuk mengatasi penyakit berikut ini :


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

Pengobatan untuk syaraf lemah

Dengan minum rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari, dipercaya mampu mengatasi penyakit syaraf yang lemah.Cara membuatnya pun sangat mudah, daun pandan 3 lembar diiris-iris kemudian direbus bersama 3 gelas air.

Mengatasi hipertensi

Selain untuk mengobati saraf lemah,air rebusan daun pandan juga bisa di gunakan untuk mengobati masalah hipertensi. Caranya dengan meminum 2 gelas sehari sudah cukup untuk mengatasi penyakit hipertensi

Menghilangkan perasaan gelisah

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya gelisah atau stress. Nah, untuk mengatasi masalah ini daun pandan bisa menjadi alternatif Anda dengan cara minum rebusan daun pandan 2 lebar yang direbus dengan segelas air. Khasiat daun pandan ini di dapatkan dari kandungan zat tanin yang efeknya menenangkan

Pegal linu dan reumatik

Dengan menyeduh 3 daun pandan dengan secangkir minyak kelapa yang dicampur dengan sedikit minyak kayu putih dipercaya mampu mengobati reumatik maupun pegal linu yang anda derita. Oleskan hasil seduhannya pada persendian atau pada bagian yang sakit

Penambah nafsu makan

Anda cukup merebus daun pandan 2 lembar yang kemudian diminum secara rutin bisa membantu anda untuk meningkatkan nafsu makan.

Khasiat daun pandan untuk kecantikan

Dari susut pandang kecantikan,daun pandan sangat berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut..Nah apa saja khasiatnya untuk rambut??

- Menghilangkan Uban

Masalah uban yang mulai tumbuh sekarang ini bukan hanya dialami orang yang sudah tua,tetapi sudah menjadi masalah bagi sebagian remaja. Solusi yang baik adalah memanfaatkan bahan alam seperti daun pandan ini. Untuk mengatasi uban sangat mudah, caranta daun pandan 7 lembar direbus menggunakan segelas air sampai warna hijau gelap,serta biarkan mengembun selama satu malam,kemudian tambahkan air perasan mengkudu 3 buah yang sudah matang.Air campuran tadi di pakai untuk keramas.sebaiknya lakukan keramas 3 kali seminggu.

- Menghilangkan Ketombe

Masalah ketombe bisa diatasi dengan menggunakan air daun pandan hasil ditumbuk. Air tersebut kemudian dioleskan ke kepala, lalu diamkan sebentar kemudian dibilas dengan air.

Nah itulah khasiat dan manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan khususnya untuk rambut...Semoga bermanfaat yah!

 

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Riana