logo


Apakah Oli Mobil Bisa Untuk Sepeda Motor ?

Terdapat perbedaan sistem kerja mesin mobil dan sepeda motor

16 Desember 2016 16:49 WIB

Ilustrasi, mengisi oli mobil.
Ilustrasi, mengisi oli mobil. PriceArea.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemilihan pelumas (oli) untuk sepeda motor menjadi salah satu hal vital untuk perawatan sepeda motor. Pasalnya, pelumas akan kontak langsung dengan gesekan mesin. 

Menteri Tjahjo : Ahok Segera Dinonaktifkan

Secara umum pelumas berfungsi mengurangi gesekan antar komponen mesin serta untuk menjaga suhu mesin. Pemilihan pelumas harus sesuai dengan kinerja mesin. Lantas apakah pelumas untuk mobil bisa digunakan untuk sepeda motor?


Nama-nama Unik Orang Indonesia

Seperti dikutip dari Otomania, Rachman Hidayat selaku Senior Lubricant Technical Advisor Shell Indonesia mengatakan, "Bicara bisa atau tidak sebenarnya tidak tepat. Lebih tepatnya apa pengaruhnya untuk mesin motor sendiri, itu harus dilihat lagi dari kerjanya mesin motor."

Menurut Rachman, pemilik motor harus memahami kinerja mesin motor miliknya lebih dulu. Terdapat perbedaan antara mesin mobil dan motor terutama pada bagian mesin dan transmisi.

Tombol Remote TV Rusak? Ada Cara Gampang Memperbaikinya

Pada umunya mesin dan transmisi sepeda motor berada dalam satu ruang. Sedangkan pada mobil antara mesin dan transmisi berada di tempat terpisah.

Transmisi sepeda motor seperti ini biasanya ikut terendam dalam pelumas atau biasa disebut wet clutch. Sehingga oli mesin untuk sepeda motor turut melumasi komponen-komponen yang terdapat dalam transmisi. Meskipun beberapa motor ada yang sudah memakai sistem transmisi dry clutch. 

Rahman menjelaskan, spesifikasi oli tidak bisa terlalu licin karena akan menyebabkan selip antar komponen kopling. Slip kopling rentan terjadi saat kecepatan tinggi, beban berat, ataupun tanjakan.

Selip kopling adalah kondisi saat putaran gas dibuka otomatis putaran mesin ikut naik namun roda tidak dapat berputar mengejar putaran mesin. Masalah selip kopling dapat terjadi lantaran mayoritas oli mobil memiliki aditif low friction. Aditif tersebut dibutuhkan saat mesin mobil bekerja.

Kunjungan ke Warga Tionghoa, AHY Menepis Isu Diskriminatif

Sementara, oli khusus sepeda motor memiliki peran selain untuk melumasi mesin yakni untuk menjaga suhu ideal mesin serta untuk mendukung kinerja transmisi. 

 

Aiptu Sutisna Laporkan Dora Bukan karena Dicakar, Tapi....

Halaman: 
Penulis : Sukma Fadhil Pratama