logo


Kementan Upayakan Gerakan Percepatan Tanam Padi  di Aceh Jaya

Kabupaten Aceh Jaya tahun 2016 ini mendapat bantuan Traktor Roda dua 49 unit, Traktor Roda Empat 1 unit; Pompa Air 7 unit, hands prayer, dan bantuan benih.

16 Desember 2016 16:07 WIB

Petani menanam padi.
Petani menanam padi. Jitunews/Iin Nurfaridah

ACEH JAYA, JITUNEWS.COM – Kementerian Pertanian (Kementan) pada saat ini terus mengupayakan peningkatan produksi hasil pangan terutama padi. Banyak upaya telah dilakukan oleh pihak kementan dalam menyukseskan program tersebut, baik itu melalui sejumlah sumbangan alat pertanian, langkah subsidi baik pupuk maupun benih dan juga sejumlah upaya khusus, seperti gerakan percepatan tanam.

Staf Ahli Menteri Pertanian Mukti, dalam kunjungan kerjanya di Aceh Jaya kembali menggemakan dan memberi motivasi kepada masyarakat di Aceh Jaya untuk kembali melakukan gerakkan percepatan tanam padi.

"Gerakan percepatan tanam merupakan salah satu upaya strategis dari pemerintah untuk bisa meningkatkan produktivitas hasil di sektor pangan," demikian kata Mukti seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Jumat (16/12).


Akibatkan Kerugian Besar, Bupati Bekasi Dukung Mentan Pidanakan Pelaku Disfungsi Lahan Pertanian

Pada kesempatan yang sama, Mukti kembali memberikan penghargaan kepada kabupaten Aceh Jaya yang telah berupaya untuk meningkatkan luas tambah tanam pada musim tanam 2015/16 dan mampu melebihi target yang ditentukan.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk terus mendorong pemerintah daerah khususnya kabupaten Aceh Jaya dalam meningkatkan hasil produksi pangan, Pemerintah Pusat Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kepada petani baik itu alat mesin pertanian seperti traktor, hands prayer, pompa air, benih, pupuk, dan sarana produksi lainnya.

Mukti menjelaskan bahwa untuk Kabupaten Aceh Jaya tahun 2016 ini mendapat bantuan Traktor Roda dua 49 unit, Traktor Roda Empat 1 unit; Pompa Air 7 unit, hands prayer, dan bantuan benih.

"Saya mengharapkan bantuan yang diberikan dapat menjadi pendorong peningkatan luas tanam dan produksi padi sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani. Musim tanam 2016/2017 harus lebih tinggi dari tahun lalu," demikian katanya.

Dalam acara gerakan percepatan tanam padi tersebut hadir Staf Ahli Menteri Pertanian Mukti Sardjono, Bupati Aceh Jaya, Kepala Dinas Pertanian Prop. Aceh, Danrem 012/Teuku Umar, Dandim 0114/Aceh Jaya.

Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah