logo


10 Cara Mendatangkan Rezeki

Rezeki tak selalu tiba-tiba datang sendiri, harus ada ikhtiar.

16 Desember 2016 15:41 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rezeki setiap manusia sudah ada porsinya masing-masing. Sehingga tinggal bagaimana manusia itu berikhtiar mengambilnya. Walau pun terkadang rezeki bisa datang tak terduga, tiba-tiba saja datang tanpa ada kaitannya dengan usaha atau ikhtiar yang sedang dilakukan. 

Tetapi bagaimana pun juga kodrat manusia adalah harus berikhtiar untuk mendapatkan kebutuhan hidupnya di dunia. Selain berusaha dengan cara bekerja untuk mengambil rezeki yang sudah ditakdirkan oleh Nya, namun manusia harus juga berikhtiar dengan 10 cara ini agar bisa dekat dengan rezekinya, sehingga mudah untuk diambilnya. 

Taqwa


Sadarkah Kamu? 5 Kalimat Misterius Ini Nyata dan Sering Kita Jumpai

"Barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan/memberi jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka" (QS. Ath-Thalaq ayat 2 – 3). 

Tawakal

Rasulullah SAW bersabda, "Seandainya kamu bertawakal kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang" (HR. Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al-Hakim). 

Shalat Dhuha

Firman Allah SWT dalam hadits Qudsi, "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya" (HR. Al-Hakim dan Thabrani). 

Istighfar 

"Mohon lah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai" (QS. Nuh 10-12). 

Barang siapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya dengan jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya dengan kelapangan, dan Allah akan memberi rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka" (HR. Ahmad, Abu Dawud, an-Nasai, Ibnu Majah dan Al-Hakim). 

Penasaran Gimana Caranya Ngembangin Bisnis Kamu di Instagram? Berikut Caranya!

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah,Yusran Edo Fauzi