logo


Genjot Produksi Pangan, Mentan Gelar Rakor Pangan di Kalsel

Kementan telah mengeluarkan sejumlah program strategis guna mendukung peningkatan produksi pangan

15 Desember 2016 11:09 WIB

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pangan se-Kalimantan Selatan.
Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pangan se-Kalimantan Selatan. Humas Kementan

BANJARMASIN, JITUNEWS.COM- Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengupayakan peningkatan produksi di sektor pangan. Bahkan hingga saat ini Kementan telah mengeluarkan sejumlah program strategis guna mendukung peningkatan produksi pangan tersebut.

Di sisi lain, secara khusus, guna mengawal upaya peningkatan produksi pangan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pangan se-Kalimantan Selatan.

Rapat Koordinasi tersebut dilakukan oleh Mentan untuk melakukan langkah evaluasi program, serta memantapkan program peningkatan produksi pangan, di Kalimantan Selatan.

Dalam rapat koordinasi tersebut, salah satu langkah cepat yang diambil oleh pemerintah yakni melakukan kerja sama antara Kementan, Dinas Pertanian, dan TNI yang kemudian dinyatakan dalam MoU bersama. Adapun pokok dalam MoU adalah mengupayakan dan mendorong peningkatan luas tambah tanam (LTT).

Amran mengatakan, selain melalui upaya peningkatan LTT, mewujudkan swasembada pangan juga dilakukan melalui pembangunan lahan tidur sehingga dapat ditanami komoditas pangan strategis.

"Lahan tidur nasional mencapai 14 juta hektare. Potensi ini harus dimanfaatkan sehingga kita dapat mengekspor pangan," kata Amran, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/12).

Amran pun berharap, sejumlah langkah strategis di Kalimantan Selatan itu akan terus meningkat, sehingga ke depannya mampu memenuhi konsumsi masyarakat Kalimantan Selatan dan mendukung ketersediaan stok pangan nasional.

Masalah Data, Masi Menjadi Persoalan di Sektor Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro