logo


Asing Cemas, Produksi Sawit RI Dihantam Kampanye Hitam

Produksi kelapa sawit tanah terus meningkat dari tahun ke tahun

14 Desember 2016 13:17 WIB

Petani sawit.
Petani sawit. dok. Beritadaerah.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Sekretaris Jenderal Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI), Suwardi, mengatakan hingga saat ini kampanye hitam terus menghantam produk sawit tanah air.

"Pihak asing sampai saat ini terus melakukan kampanye hitam atas perkelapasawitan Indonesia, banyak isu yang dimainkan dan salah satunya soal tanaman sawit di lahan gambut," kata Suwardi, di Bogor, Jawa Barat.

Maraknya kampanye hitam terkait dengan sawit di Indonesia, jelas Suwardi, bermula dari adanya kecemasan global akan peningkatan produksi kelapa sawit Indonesia yang akan menguasai pasar global.


Manajemen IPOP Siap Dukung Pemerintah Atasi Masalah Petani Sawit

"Ini bagian dari ketakutan asing terhadap sektor kelapa sawit kita," imbuh Suwardi.

Menurut Suwardi, produksi sawit di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. "Hasil kelapa sawit kita terus naik kok, dari tahun ke tahun dan itu menjadi kecemasan sendiri bagi asing," katanya.

Peningkatan hasil sektor kelapa sawit Indonesia jauh lebih tinggi dan bahkan bisa dua kalinya dari negara-negara lain. Hal itu dilihat dari produksi per hektar per tahunnya.

Kendati demikian, diakui Suwardi, pengaruh dari pihak asing tersebut tidak akan mempengaruhi sektor kelapa sawit indonesia. "Biarkan asing terus melakukan kampanye hitamnya, tapi itu tidak akan berdampak pada produksi kita," tukas Suwardi.

Gamal Nasir: Kelapa Sawit Akan Menjadi Masa Depan Perkebunan Indonesia

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro