logo


Salah Adegan Shalat, KPI Tegur Anak Jalanan

KPI mengeluarkan peringatan tertulis kepada program "Anak Jalanan" karena menampilkan adegan Sholat yang salah. Menurut KPI, program tersebut tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap nilai-nilai agama

14 Desember 2016 13:12 WIB

Logo Komisi Penyiaran Indonesia
Logo Komisi Penyiaran Indonesia kpi.go.id

JAKARTA-JITUNEWS.COM- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan surat peringatan kepada Program Siaran “Anak Jalanan” yang ditayangkan oleh sebuah stasiun televisi swasta pada tanggal 15 November 2016 pukul 18.23 WIB.

Peringatan itu dikeluarkan lantaran adanya adegan Shalat yang salah dalam lakon salah satu perannya.

KPI menilai program tersebut tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap nilai-nilai agama yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012.

Berdasarkan penilaian KPI, adengan seorang wanita sedang sholat yang mengesankan melakukan gerakan salam yang keliru, yakni dari kiri ke kanan.

Menurut KPI, muatan demikian dapat menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat dan berpotensi melanggar SPS KPI Tahun 2012 Pasal 6 Ayat (1) terkait ketentuan penghormatan terhadap nilai-nilai agama.

Melalui laman resminya, KPI menghimbau agar peringatan kepada “Anak Jalanan” itu merupakan bagian dari pengawasan KPI terhadap aktivitas lembaga penyiaran.

“Peringatan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran). Ke depan, saudara diharapkan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran” tulis KPI

Seperti Inilah 'Gaya Hidup' Umat Muslim di Sejumlah Negara dalam Rayakan Idul Adha

Halaman: 
Penulis : Digital Strategist Jitunews