logo


Buat Sendiri Boks Penyelamat Koleksi Sepatu Kesayangan

29 Desember 2016 11:45 WIB

Box sepatu
Box sepatu Istimewa

JITUNEWS.COM - Punya banyak koleksi sepatu di rumah? Bingung menata mau ditaruh di mana, sedangkan kardus bawaan dari toko sudah rusak? Alhasil koleksi sepatu terpaksa ditumpuk  begitu saja di rak sepatu tanpa wadah. Sepatu pun lebih mudah kotor terkena debu juga rawan jadi sarang serangga. Nah, untuk mencegah sepatu kesayangan jadi sarang semut dan kecoa, kamu bisa membuat sendiri kotak sepatu di rumah, alat dan bahannya murah. Cara pembuatannya pun mudah.

Alat dan Bahan :

 


Ingat! Hal Biasa dalam Hidup Ini Ternyata Sangat Berharga

1. Sepatu

2. Yellow board (karton Duplex)

3. Mika bening lembaran

4. Lem tembak

5. Lem Super

6. Cutter

7. Penggaris

8. Bolpoint

9. Spidol hitam

10. Selotip bening

11. Gunting

12. Kertas kado

13. Lem kertas

14. Silica gel

Cara Membuat :

1. Ukur sepatu. Pertama ukur panjangnya, beri tambahan 2cm agar sepatu tidak tertekuk di dalam kardus. Kedua ukur lebar sepatu waktu dijajar sepasang, beri lebih 2 cm juga ya. Ketiga ukur tinggi sepatu, untuk sepatu model wedges atau stilleto, ambil tinggi paling belakang sepatu.

2. Buat pola pada karton sesuai ukuran sepatu tadi. Misal ukuran sepatu p x l x t = 30 x 20 x 10 cm. Dengan ukuran itu buat dua pola untuk boks sepatu dan tutupnya.

Pertama untuk boks, buat pola:

a. 30 x 20 cm sebanyak 1 lembar

b. 10 x 20 cm sebanyak 2 lembar

c. 10 x 30 cm sebanyak 2 lembar

Kedua untuk tutupnya, buat pola:

a. 5 x 30, 4 cm sebanyak 2 lembar

b. 5 x 20 cm sebanyak 2 lembar

c. 30 x 20 cm sebanyak 1 lembar

3. Setelah pola jadi, potong-potong menggunakan cutter. Lem potongan-potongan pola sesuai ukuran, pola box dan tutup (lihat gambar). Gunakan lem super dan rekatkan lagi dengan bantuan lem tembak. Sisihkan.

4. Buat lubang persegi pada alas tutup dan letakan mika bening dengan menempelkannya menggunakan selotip atau lem tembak.

5. Selanjutnya tahap finishing. Ambil kertas kado, ukur sesuai kebutuhan besar box dengan cara membungkuskannya ke badan boks dan tutup. Setelah itu bubuhkan lem kertas merata setipis mungkin ke badan luar boks. Hal ini untuk menghindari agar nantinya kertas kado tidak mengelembung saat dipasang. Setelah lem kertas rata, perlahan tempelkan kertas kado pada badan boks, rekatkan dengan menggosoknya menggunakan tisu agar lebih licin.

6. Lakukan hal yang sama pada tutup boks. Potong bagian lubang persegi pada tutup boks dengan menggunakan cutter. Potong juga sisa kertas kado yang melebihi boks atau tutup.

7. Terakhir, tutup lubang pada tutup boks dengan mika. Rekatkan mika dengan selotip atau lem tembak.

Nah, boks sepatu sudah jadi, tinggal masukkan sepatu dan beri silica gel agar sepatu terhindar dari lembab. Selain mudah dan murah, boks sepatu ini juga bisa kamu hias sesuai selera lho, bisa ditambah bunga-bunga kering atau pun pita. Bagaimana, tertarik mencoba?

 

 

 

 

 

 

 

Bosan di Rumah Terus? Yuk Coba Lakukan Hal Ini Agar Social Distancing Lebih Menyenangkan

Halaman: 
Penulis : Satria Budi