logo


Morowali dan Gresik Disiapkan Jadi Industri Nikel

Pemerintah akan mulai memeriksa kesiapan 16 daerah yang ditetapkan sebagai kawasan industri baru

21 November 2014 14:38 WIB

Industri nikel
Industri nikel

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah akan disiapkan menjadi pusat industri tambang nikel. Morowali merupakan salah satu dari 16 daerah yang disiapkan pemerintah untuk jadi industri nikel di Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan pemerintah akan mulai memeriksa kesiapan 16 daerah yang ditetapkan sebagai kawasan industri baru yang akan dibangun pemerintah dalam lima tahun ke depan.

"Kawasan industri di luar Pulau Jawa dalam waktu dekat ini akan kita lihat kesiapannya sejauh mana. Bulan Desember atau awal Januari, akan mulai kita kunjungi,” katanya di Jakarta, seperti dikutip CNN Indonesiaa.


Jalankan Restrukturisasi, Krakatau Steel Ingin Kinerja Kembali Sehat

Saleh bilang, saat ini pembangunaan kawasan industri nikel di Morowali masih 10-20 %. Pemerintah Daerah menurut Saleh sudah melaporkan telah selesai membebaskan lahan seluas 1.200 hektare untuk membantu pembangunan kawasan tersebut.

Selain Morowali, Saleh juga menjajaki pembangunan industri nikel di Gresik, Jawa Timur. "Progress nya juga baru sekitar 20 %," kata Saleh.

Saleh menjelaskan, kawasan industri Morowali rencananya akan dikembangkan menjadi tempat pengolahan produk tambang berbasis nikel. "Berikut dengan industri turunannya," ucap Saleh.

Menurut Saleh, pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp 9 triliun sampai Rp 12 triliun untuk mengembangkan kawasan industri Morowali. Komitmen investasi menurutnya sudah diperoleh dari perusahaan asal Tiongkok.

 

Penjualan dan Produksi Batu Bara PT Bukit Asam Naik 14%

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid