logo


7 Jenis Tanaman Merambat Terpopuler

Tanaman merambat mampu membuat taman menjadi lebih indah

21 November 2014 14:37 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Bila Anda memiliki sebuah taman di salah satu sudut rumah, ada baiknya Anda menanam beberapa tanaman merambat di dalamnya. Pasalnya, jenis tanaman ini mampu membuat taman menjadi lebih indah. Selain itu, kehadiran tanaman rambat bisa membuat udara menjadi lebih segar, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang minim penghijauan. Sedangkan untuk tempat tumbuhnya, tanaman jenis ini dapat ditempatkan pada vertical garden, pergola, ataupun pagar rumah. Nah, bila Anda ingin tanaman rambat hadir di taman buatan Anda, berikut ini adalah daftar 7 jenis tanaman rambat yang terpopuler :

1. Coral Vine (Antigonon leptopus) 
Antigonon atau yang bahasa lokalnya adalah air mata pengantin berasal dari Mexico dan beberapa negara Amerika Tengah lainnya. Flora ini merupakan pilihan tanaman yg tepat untuk membuat suasana romantis bernuansa merah jambu, di pagar dan pergola Anda.

2. Glorybower  
Penggunaan tanaman jenis glorybower sebagai tanaman rambat dipercaya mampu menciptakan suasana teduh dan damai. Pasalnya, flora ini memiliki warna hijau terang serta mampu menumbuhkan bunga berwarna putih yang cerah. 

3. Jalaran api (Pyrostegia venusta) 
Rangkaian bunga kompak dengan warna jingga yang mencolok bagaikan sambaran api, sangat cocok untuk membuat pagar atau pergola anda tampil beda. Kesitimewaan lain yang dimiliki oleh tanaman ini adalah proses perawatannya yang mudah.

4.    Flame of Irian ( Mucuna novo-guineensis/Mucuna novaeguinensis)
Flora ini dikenal dengan nama umum flame of the forest, atau new guinea creeper, atau red jade vine. Flora ini adalah jenis genus mucuna yang berasal dari papua. Sedangkan yang berasal dari Amerika Selatan disebut mucuna bennettii.
 

5.    Jade Vine (Strongylodon macrobotrys)
Jade Vine mempunyai bentuk bunga yang hampir sama dengan flame of irian, tapi berwarna hijau dan berasal dari Philipina. Bila tumbuh, tanaman ini akan tampak menggantung, oleh karena itu sangat cocok ditempatkan di atap-atap taman. 

6.    Wisteria (Wisteria Sinensis)
Wisteria mengeluarkan bunga di awal musim semi, yakni sekitar bulan April sampai Mei.  Saat pertama, hanya bunga yang keluar dari cabang, tanpa daun sekalipun. Bunga tersebut menggantung dengan ceria sehingga bila ditempatkan di pergola, akan membuat pergola tampak cantik.  

7.    Petrea  Volubilis
Flora jenis ini bunganya hampir mirip dengan tanaman wisteria. Sedangkan untuk asalnya, tanaman jenis ini berasal dari dataran Meksiko dan Amerika Tengah. 

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah