logo


Ahok Digugat Rp 470 M, Habiburokhman Khawatir Ahok Bebas

Sebelumnya, Habib Novel menggugat Ahok sebesar Rp 204 juta di kasus yang sama

9 Desember 2016 04:00 WIB

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Ali Lubis, mengajukan gugatan class action terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Dirinya menuntut ganti rugi sebesar Rp 470 miliar terhadap Ahok.

Dasar Hukum Penangkapan Hatta Taliwang Dipertanyakan

"Hari ini kami daftarkan gugatan class action ganti kerugian kepada Ahok di PN Jakut yang saat ini berkantor di Jalan Gajah Mada No 17 Jakarta Pusat. Gugatan diajukan dengan mekanisme class action mengingat jumlah warga negara Indonesia yang beragama Islam sangat banyak," ujar kuasa hukum Ali, Nurhayati, Kamis (8/12), di Gedung PN Jakpus, Jl. Gajah Mada No 81, Jakarta Pusat.


Habib Rizieq akan Kumandangkan 'Revolusi' Jika Ahok Bebas

Kliennya, jelas Nurhayati, mengatasnamakan umat Islam yang tidak suka dengan Ahok. "Kelompok dalam gugatan ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang beragama Islam dan wakil kelompok dalam gugatan ini adalah Ali Hakim Lubis, seorang warga negara Indonesia beragama Islam," papar Nurhayati.

Penghentian Kebaktian Natal, Cermin Gagalnya Peran Negara

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina ACTA, Habiburokhman, meminta agar sidang perdana perkara dugaan penistaan agama oleh Ahok tetap digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, yang kini sedang menempati eks Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang berada di Jl. Gajah Mada.

Diakui Habiburokhman, ACTA sebagai pelapor akan hadir dalam sidang perdana perkara yang akan digelar pada 13 Desember 2016. Kedatangan mereka guna memastikan persidangan sesuai dengan aturan.

2 Purnawirawan TNI Diduga Makar, Begini Komentar Djoko Santoso

Meski nanti ACTA bakal hadir di persidangan, lanjut Habiburokhman, pihaknya tetap khawatir dengan proses peradilan. "Tapi kami khawatir saksi, bukti, ahli yang dipakai saat gelar perkara tetapkan Ahok sebagai tersangka, enggak ada lagi. Kami khawatir kan itu, jadi Ahok bebas," tutur Habiburokhman, Kamis (8/12), di PN Jakarta Utara.

Kursus Bahasa Indonesia Resmi Dibuka di Universitas Al-Azhar Mesir

Sebelumnya, Habib Novel menggugat Ahok sebesar Rp 204 juta di kasus yang sama. Ahok sendiri telah menjadi terdakwa dengan dakwaan Pasal 156 dan Pasal 156A KUHP tentang Penistaan Agama. Sidang rencananya akan digelar pekan depan.

Soal Intervensi dalam Persidangan, Ahok Tak Mau Berandai-andai

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro