logo


Asma Hingga Radang Usus Bablas dengan Gambas

Gambas juga dapat menambah volume air susu ibu (ASI)

8 Desember 2016 14:50 WIB

Budidaya gambas atau oyong.
Budidaya gambas atau oyong. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di balik kulitnya yang keras dan bentuknya yang seperti kaktus, gambas atau oyong memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan lho.

Menurut dr. Nelis Imanningsih, Peneliti Kementrian Kesehatan RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan, gambas memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, seperti vitamin B dan antioksidan yang terkandung dalam vitamin C.

"Di dalam biji gambas terkandung zat alkaloid, streroid dan kukurbistain yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam setiap 3 ons gambas terdapat 20 kalori dan 20 persen kebutuhan vitamin C," tutur dr. Nelis.


Faedah Hebat Allium cepa

Kandungan vitamin C pada gambas memberikan manfaat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Dengan demikian, bisa mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektrolit serta menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif. Antioksidan juga diperlukan kulit untuk menangkal sinar ultraviolet sehingga kulit tetap cerah, kencang dan mencegah kerutan.

Hebatnya lagi, gambas juga dapat menambah volume air susu ibu (ASI). Cara mendapatkan khasiat gambas ini mudah. Buah gambas dan bijinya dipanggang, lalu ditumbuk halus. Setelah itu, setiap 6 gr bubuk gambas ditambah setengah gelas air panas. Minuman ini diminum 1-2 kali sehari.

Tak berhenti di situ, gambas juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit radang usus. Ambil gambas yang sudah tua secukupnya, kemudian dipotong-potong dan ditumbuk hingga halus. Setiap 20 gr bubuk gambas diseduh air panas sebanyak setengah gelas dan diminum 1-2 kali sehari.

Untuk penderita asma, ambil gambas muda beserta tangkai. Gambas diblender dan dijadikan jus. Jus gambas ini diminum secara teratur dua kali sehari. Sementara untuk radang tenggorokan, ambil satu buah gambas muda dan diolah dalam bentuk jus. Setelah itu ditambahkan gula batu atau gula pasir. Minum 2-3 kali sehari secara teratur.

 

Pembudidaya: Terbukti Berkhasiat, Permintaan Bibit Daun Afrika Meningkat!

Halaman: 
Penulis : Riana