logo


Stres, Salah Satu Penyebab Utama Rambut Rontok

Dalam keadaan normal, rambut manusia akan mengalami kerontokan paling banyak 100 helai per hari.

21 November 2014 13:47 WIB

Rambut Rontok (ISTIMEWA)
Rambut Rontok (ISTIMEWA)

JITUNEWS.COM - Masalah rambut rontok memang hal yang menakutkan, terutama bagi wanita. Berbagai cara dilakukan demi mengurangi dan menghentikan kerontokan yang terjadi. Produk shampoo, conditioner, hingga vitamin menjadi pilihan utama banyak orang untuk menghilangkan masalah rambut rontok.

Bila dalam keadaan normal, rambut manusia akan mengalami kerontokan paling banyak 100 helai per hari. Apabila kerontokan dirasa sudah lebih dari jumlah tersebut, rambut Anda diduga kuat sedang mengalami kerusakan yang dapat berakibat fatal menjadi kebotakan.

Kerontokan rambut bisa disebabkan berbagai hal, terutama seringnya melakukan hair styling. Penggunaan bahan kimia serta alat pengering, pelurus, dan pengeriting membuat rambut dan akar rambut rapuh. Namun, selain dari hal-hal tersebut salah satu yang juga membuat rambut rontok tak kunjung membaik walaupun sudah melakukan berbagai perawatan adalah stres.


Inilah 5 Pertanda Jika Tubuhmu Sudah Dipenuhi Racun, Nomor 4 Sering Disepelekan

Ketika seseorang mengalami stress, urat-urat syaraf di sekitar kepala akan membuat akar rambut lemah hingga akhirnya tejadi keronntokan. Stres juga membuat folikel rambut atau kantung tempat tumbuhnya akar rambut lemah hingga berhenti memproduksi rambut. 

Tidak ada obat atau produk khusus yang dapat membantu meringankan masalah rambut rontok karena stres. Satu-satunya jalan untuk memulihkan masalah tersebut adalah mengurangi tingkat stres. Lakukanlah hal-hal yang dapat membuat pikiran menjadi tenang. Apabila kondisi psikis sudah membaik, kerontokan perlahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan juga beberapa perawatan alami, seperti menggunakan masker lidah buaya dan mengonsumsi banyak makanan sehat untuk rambut seperti telur, buah kiwi, pisang, alpukat, dan ikan laut.

Melamun Bisa Atasi Stres, Ini Alasannya

Halaman: 
Penulis : Hasballah