logo


Mentan Apresiasi Kerjasama Pelaku Usaha Perunggasan dalam Menjaga Harga

Mentan meminta semua pihak untuk bisa ikut melakukan langkah pengawasan.

6 Desember 2016 16:44 WIB

Seorang pekerja memanen telur di peternakan Bumi Unggas Desa Paowan, Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (04/6).
Seorang pekerja memanen telur di peternakan Bumi Unggas Desa Paowan, Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (04/6). beritadaerah.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian(Mentan), Amran Sulaiman mengapresiasi langkah kerja sama dari setiap pelaku usaha di sektor perunggasan dalam menjaga kestabilan harga unggas baik di peternak maupun di pasar.

"Kita apresiasi kepada para pelaku usaha yang telah bekerjasama dengan pemerintah dalam menjaga harga. Kemarin kami sudah lakukan pengecekan di pasar-pasar dan di peternak harga unggas saat ini sudah mulai membaik, dan kita apresiasi," demikian kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Selasa (6/12).

Lebih lanjut, ia mengatakan target pemerintah adalah ke depan harga Day Old Chick (DOC) bisa mencapai Rp4.800 dimana perbandingan harga DOC sebelumnya mencapai Rp 5.000 - Rp 6.000, harga ayam di kandang Rp 18.000 dan harga ayam di pasar Rp 32.000.


Mentan Optimistis Polbangtan Cetak Generasi Petani Milenial Sukses

"Dengan adanya penetapan harga ini, harapannya semua pihak bisa diuntungkan dan konsumen juga bisa tersenyum," demikian katanya.

Mentan juga memastikan bahwa dengan adanya kerjasama tersebut tidak ada lagi upaya kartelisasi di sektor perunggasan.

"Kalau ada yang melanggar maka pemerintah melalui KPPU, Kejaksaan, Polri akan melakukan tindakan tegas," akunnya.

Sementara terkait dengan upaya pengawasan di lapangan, Mentan meminta semua pihak untuk bisa ikut melakukan langkah pengawasan.

"Semua pihak bisa ikut mengawasi termasuk wartawan, kalau ada yang tidak sesuai dengan kesepakatan ini, beritakan supaya bisa di tindak tegas dan cepat oleh pihak yang berwajib," tukas Mentan.

Kementan dan Bappenas Sepakat Bersinergi Tingkatkan Produksi Pertanian

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah