logo


Pemerintah Yakin Akan Mampu Menguasai Pasar Lada Dunia

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BP3) Kemendag, Tjahya Widayanti meyakini bahwa Indonesia akan mampu menguasai pasar lada dunia.

2 Desember 2016 13:30 WIB

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BP3) Kemendag, Tjahya Widayanti.
Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BP3) Kemendag, Tjahya Widayanti. kemendag.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BP3) Kemendag, Tjahya Widayanti meyakini bahwa Indonesia akan mampu menguasai pasar lada dunia.

“Kita memiliki perkebunan lada yang cukup luas bahkan kita memiliki lahan lada terluas di dunia. Bukan tidak mungkin kita akan bisa menguasai pasa lada dunia,” demikian kata Tjahya Widayanti di Jakarta, Jumat (2/12).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sampai saat ini berdasarkan data yang dimiliki Kemendag, luas lahan lada yang ada di tanah air mencapai 178.200 hektar. Pasalnya, dengan luas lahan lada yang cukup luas maka pasar lada dunia akan dipenuhi oleh lada asal Indonesia.


Yonif Raider 700/WYS Temukan Ladang Ganja di Perbatasan RI-Papua Nugini

Ia menjelaskan, pangsa pasar dunia yang saat ini sudah menjadi target pemerintah Indonesia adalah negara Thailand, Rumania, Korea Selatan, Afrika Selatan, Australia, Kanada, Argentina, Polandia dan Mesir.

Dengan merujuk pada pangsa pasar dunia, negara-negara tersebut saat ini memiliki tren yang cukup besar untuk melakukan impor lada. Namun Tjahya Widayanti mengakui ekspor lada asal Indonesia ke negara-negara tersebut belum optimal.

Sejumlah negara lain yang juga menjadi target ekspor lada asal Indonesia adalah negara Pakistan, Filipina, Prancis, Jerman, dan Inggris.

Ia menegaskan bahwa untuk bisa mencapai pangsa pasar lada yang cukup besar tersebut pemerintah indonesia sudah melakukan sejumlah strategi, termasuk diantaranya dengan melakukan langkah promosi, memperkenalkan kualitas lada asal indonesia di pasar global.

Pertamina-NIOC Tandatangani MoU Pengembangan Ladang Minyak Raksasa di Iran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan