logo


Tingkatkan Langkah Ekspor Lada, Kemendag Perkuat Langkah Promosi

Sampai saat ini indonesia baru menduduki posisi ke-2 sebagai pengekspor lada terbesar dunia, di bawah Vietnam.

2 Desember 2016 12:58 WIB

Petani memperlihatkan biji lada putih.
Petani memperlihatkan biji lada putih. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BP3) Kemendag, Tjahya Widayanti, mengatakan bahwa saat ini strategi yang dilakukan pemerintah untuk lebih meningkatkan ekspor lada adalah dengan menggencarkan promosi di kancah internasional.

“Produktivitas lada kita sat ini sangat luar biasa, maka untuk mengimbangi hal tersebut perlu ada promosi yang gencar dilakukan sehingga ekspor lada terus meningkat,” kata Tjahya di Jakarta, Jumat (2/12).

Lebih lanjut Tjahya mengatakan, sampai saat ini Indonesia baru menduduki posisi ke-2 sebagai pengekspor lada terbesar dunia, di bawah Vietnam.


10 Fakta Unik Lada

“Vietnam masih menjadi negara terbesar dalam melakukan ekspor lada,” tutur Tjahya.

Kata Tjahya, dengan luas lahan lada yang ada di tanah air yang cukup luas, ia meyakini bahwa Indonesia bukan tidak mungkin akan menjadi negara pengekspor lada terbesar.

“Maka yang kita lakukan pada saat ini adalah bagaimana meningkatkan promosi, sehingga lada asal Indonesia semakin dikenal dan semakin diminati pasar global,” ujarnya.

Untuk diketahui, hingga akhir tahun lalu, ekspor lada asal Indonesia hanya mencapai 16 persen di pasar dunia. Kisaran angka tersebut berada jauh di bawah Vietnam yang mampu menggaet pangsa pasar lada dunia hingga 33,6 persen.  

Alih Fungsi Lahan Ancam Produksi Lada Bangka Belitung

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana