logo


Bus TJ054 Terbakar, TransJakarta Stop Operasikan 30 Bus Gandeng Ankai

Budi memastikan layanan TransJakarta tetap normal meski menghentikan operasi sementara 30 bus tersebut

2 Desember 2016 09:30 WIB

Bus transjakarta.
Bus transjakarta. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT TransJakarta menghentikan operasi 30 bus gandeng merek Ankai. Penghentian operasi itu agar TransJakarta dapat melakukan investigasi mendalam secara menyeluruh kendaraan tersebut.

Direktur Utama PT TransJakarta, Budi Kaliwono, menegaskan, tindakan ini dilakukan untuk menjamin keselamatan para pelanggan TransJakarta setelah bus TJ054 terbakar di MT Haryono, Jakarta, Kamis malam (1/12).

"Kami tidak pernah mentolerir semua gangguan yang berhubungan dengan aspek keselamatan. Semua bus yang kami operasikan harus kami pastikan aman," kata Budi.


Idul Adha, Transjakarta Mulai Beroperasi Pukul 09.00 WIB

Lebih jauh Budi memastikan, layanan TransJakarta tetap normal meski menghentikan operasi sementara 30 bus tersebut. Perusahaan daerah yang bergerak di bidang transportasi publik tersebut mengoperasikan 1.300 bus yang siap melayani para pelanggan.

Peristiwa terbakarnya TJ054 di MT Haryono tidak menimbulkan korban jiwa berkat kesigapan petugas TransJakarta yang mengambil langkah pencegahan.

"Tidak ada korban," tegasnya.

TransJakarta juga langsung berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran untuk memadamkan api yang membakar bus tersebut. Dalam kurun waktu 20 menit, api sudah berhasil dipadamkan.

Penyebab terbakarnya bus TJ054 itu belum diketahui. Saat ini, TransJakarta masih menunggu pihak berwenang untuk menyelidiki insiden tersebut.

"Namun dugaan sementara api berasal dari depan cabin, diperkirakan karena arus pendek," ungkapnya.

Lanjut Budi, grounded 30 bus itu dilakukan hingga ada kepastian penyebab dan penanggulangannya.

Budi pun mengaku sangat menyesal dan memohon maaf atas peristiwa terbakarnya bus TJ054 di MT Haryono, Jakarta. Karena TransJakarta berkomitmen pada aspek keselamatan para pelanggan. Aspek perawatan bus juga, kata Budi, telah memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Waktu Tempuh Transjakarta Pulogadung-Dukuh Atas Kini Hanya 35 Menit

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Riana