logo


Sukseskan Asian Games 2018, PLN Resmikan Dua Gardu Induk di Palembang

Ada tiga upaya PLN untuk menyukseskan event akbar di Palembang

30 November 2016 18:35 WIB

Peresmian Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus, Rabu, (30/11/2016).
Peresmian Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus, Rabu, (30/11/2016). dok. PLN

PALEMBANG, JITUNEWS.COM- Asian Games 2018 menjadi ajang yang bergengsi bagi Indonesia, khususnya Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan (Sumsel) di mata dunia. Pasalnya, Palembang menjadi tuan rumah gelaran olahraga bagi para atlet profesional se-Asia tersebut.

Untuk itu, dibutuhkan pasokan listrik yang cukup agar pelaksanaan kegiatannya berjalan lancar. Dalam hal ini, Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Ishak Mekki, dan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Amir Rosidin, meresmikan pengoperasian Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus, Rabu, 30 November 2016.

Upaya ini dalam rangka memasok listrik Palembang dan untuk mendukung proyek Light Rail Train (LRT), sebagai alat transportasi yang dapat menghubungkan jalur dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II ke Jakabaring Sport Center.


Ahok Ingin LRT di Jakarta Bertaraf Internasional

Selain diresmikannya dua GI tersebut, dua jalur transmisi 150 kV Phi Incomer yang melewati jalur Mariana-Keramasan dan Keramasan-Talang Kelapa juga resmi beroperasi.

"Ada tiga upaya PLN untuk menyukseskan event akbar di Palembang, yaitu memperbaiki jaringan transmisi listrik dan membangun lima GI baru diantaranya adalah GI New Jakabaring, GI Gandus, GI Kenten Ekspansi, serta GI yang menggunakan gas insulated yaitu GI Boom Baru dan GI Lebar Daun," ujar Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Amir Rosidin.

"Kedua, PLN menyiapkan listrik untuk LRT dengan menggelar jaringan sepanjang 120 km untuk memperkuat listrik di setiap stasiun pemberhentian LRT. Ketiga, menggeser transmisi untuk persiapan Grandprix di Jakabaring," imbuh Amir.

Sebelum GI New Jakabaring beroperasi, listrik untuk Jakabaring dan sekitarnya dipasok dari GI Keramasan, GI Kedukan, dan GI Bungaran. Sedangkan untuk listrik di kota Palembang sebelumnya juga dipasok dari GI Talang Ratu, GI Siguntang, dan GI IPP Musi 2.

Hadirnya dua GI baru dan transmisi phi incomer ini dipastikan dapat meningkatkan kehandalan listrik dan pelayanan di kota Palembang, khususnya untuk Komplek Sport Center Jakabaring Palembang, operasional LRT, instansi, mall, pertokoan, pemukiman penduduk yang akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi kota Palembang.

 

Ahok Resmikan Tiga Proyek Infrastruktur Asian Games

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Christophorus Aji Saputro