logo


Ini Dia Aneka Jenis Teh Berdasarkan Bahan Bakunya

Teh memiliki arti minuman yang dihasilkan berbagai bagian tumbuhan yang dikeringkan,

21 November 2014 10:12 WIB

Teh (ISTIMEWA)
Teh (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Siapa yang tak mengenal teh? Minuman beraroma harum dan berwarna kuning muda hingga cokelat kehitaman ini, biasanya dihasilkan dari daun teh yang bernama latin Camellia sinensis. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, teh memiliki arti minuman yang dihasilkan dari suatu daun, bunga, buah maupun rempah-rempah yang dikeringkan, sehingga menghasilkan warna yang menyerupai minuman teh dari daun Camellia sinensis. Berikut ini adalah 8 jenis teh berdasarkan jenis bahan dasarnya. 

1.    Daun Teh (Camellia sinensis)
Minuman yang dihasilkan daun dari tanaman jenis camellia sinensis adalah minuman teh yang sesungguhnya. Minuman dari daun teh ini memiliki beberapa jenis hasil olahan berdasarkan tingkat pemetikan daun dan lama oksidasi. Sebut saja, Teh Putih yang dihasilkan dari pucuk daun teh yang belum terbuka dan terlindung dari sinar matahari, warna yang dihasilkan pun kuning muda. Teh Hijau yang dihasilkan dari daun teh dengan waktu pemeraman singkat sehingga warna minuman yang dihasilkan berwarna kuning kehijauan. Teh Hitam dihasilkan dari pemeraman daun teh selama satu bulan, sehingga warna minuman berwarna cokelat kehitaman maupun kemerahan. 

2.    Teh Rosella
Berbeda dengan teh yang dihasilkan dari daun tanaman camellia sinensis. Teh Rosella dihasilkan dari mahkota bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) yang dikeringkan dan memiliki warna merah pekat setelah diseduh serta memiliki rasa asam karena mengandung vitamin C yang tinggi. Salah satu manfaat teh ini adalah menurunkan tekanan darah. Tidak hanya dapat diolah menjadi minuman, Teh Rosella bisa diracik menjadi aneka hidangan seperti Asinan Buah Kuah Rosella dan Puding Rosella. 

3.    Teh Chamomile
Sama seperti Teh Rosella yang dihasilkan dari bunga Rosella, Teh Chamomile dihasilkan juga dari bunga matricaria recutita atau dikenal dengan bunga Chamomile. Warna teh yang dihasilkan berwarna kuning muda dan memiliki aroma yang lembut dan menenangkan, sehingga tidak jarang teh ini dimanfaatkan sebagai minuman terapi relaksasi. Untuk menikmati teh ini cukup menyeduh dengan air panas dan dapat pula ditambahkan gula batu sebagai pemanis.

4.    Teh Krisan
Jenis teh ini merupakan jenis teh yang populer di negeri Tirai Bambu ini dibuat dari bunga Krisan (chrysanthemum sp) yang dikeringkan. Minuman ini menghasilkan warna kuning muda dan disajikan dengan cara diseduh dan dapat menggunakan gula pasir maupun tidak sama sekali. Selain dijadikan minuman pelepas panas dalam, teh Krisan dapat dijadikan makanan penutup seperti Chrysanthemum Tea Gelatin (Pudding Gelatin dengan teh krisan).

5.    Teh Liang
Teh jenis ini berbeda dengan jenis teh sebelumnya, karena dibuat lebih dari satu bahan. Teh Liang adalah teh yang dihasilkan dari kombinasi bahan yang telah dikeringkan seperti bunga krisan, alang-alang, daun cincau, bunga melati, kayumanis dan menghasilkan warna hitam seperti Cola. Teh Liang berasal dari negeri Tiongkok, dan diolah dengan cara merebus semua bahan-bahan menjadi satu kemudian disaring. Teh  ini memiliki aroma cincau dan sangat nikmat disajikan sebagai pencegah panas dalam. 

6.    Teh Serai
Selain digunakan sebagai bumbu masakan, serai dapat digunakan sebagai minuman teh. Batang serai setengah tua diiris halus, dikeringkan dan selanjutnya dapat digunakan sebagai minuman dengan cara diseduh menggunakan air panas. Penambah rasa manis, maka gula maupun madu bisa ditambahkan ke dalamnya. Kandungan minyak atsiri pada serai memberikan aroma khas yang kuat, sehingga bisa menyebabkan rasa rileks ketika menghirup aromanya. 

7.    Teh Mawar
Teh ini berasal dari kuncup bunga Mawar yang dikeringkan. Untuk menikmatinya, kelopak bunga Mawar ini diseduh dengan air panas hingga mengeluarkan warna cokelat kemerahan dan aroma khas Mawar. Teh Mawar tersedia dalam bentuk serbuk maupun utuh, teh ini akan semakin nikmat jika diberi gula batu sebagai pemanis. Selain sebagai minuman yang nikmat, aroma bunga mawar yang harum lembut, bisa berfungsi sebagai aromaterapi dan menyebabkan rasa relax.

8. Teh Mint
Minuman khas negara Maroko yang dibuat dari daun mint segar yang direndam air panas hingga air rendaman berwarna kuning kecokelatan. Teh mint memiliki aroma kuat dan memberikan sensasi dingin di tenggorokan.

Penting! Begini Cara Menyimpan Kopi Agar Tetap Bagus Kualitasnya

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah