logo


Ketersediaan Penggilingan, Masih Menjadi Tantangan di Sektor Perberasan

Kualitas beras sangat tergantung dari adanya ketersediaan penggilingan yang baik.

29 November 2016 17:24 WIB

Pekerja memilah beras di Pasar Induk Beras Cipinang.
Pekerja memilah beras di Pasar Induk Beras Cipinang. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kualitas beras sangat tergantung dari adanya ketersediaan penggilingan yang baik. Pasalnya yang masih menjadi kendala pada saat ini adalah belum maksimalnya ketersediaan penggilingan yang baik di tingkat petani, sehingga berdampak pada beras yang dihasilkan.

Pengamat ekonomi pertanian Bustanul Arifin menilai bahwa sampai saat ini penggilingan yang ada di tanah air masih belum efisien. Ia menegaskan bahwa di sektor pertanian di Indonesia dengan skala persawahan yang cukup luas perlu ada vasilitas investasi baru penggilingan beras yang berskala besar serta adanya konsolidasi penggilingan skala kecil dan menengah sesuai ketersediaan bahan baku yang ada.

"Ketersediaan penggilingan yang baik ini menjadi hal yang sangat penting terutama dalam mendukung kualitas beras yang dihasilkan," demikian kata Bustanul Arifin kepada Jitunews.com, Selasa (29/11).


Akibatkan Kerugian Besar, Bupati Bekasi Dukung Mentan Pidanakan Pelaku Disfungsi Lahan Pertanian

Ia juga menegaskan bahwa hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pada soal data estimasi produksi pangan. Menurutnya data produksi pangan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini sering kali terjadi over estimate.

"Makanya data estimati pangan ini juga harus bisa dibenahi sejak dini, sehingga tidak terjadi ada miss data pangan," tukasnya.

Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah