logo


Prabowo Keturunan Sunan Bonang

Beberapa waktu lalu, saat kampanye Pilpres di awal Juli 2014, ada seseorang naik mimbar seraya menyebut silsilah Prabowo sebagai keturunan Sonan Bonang. Simak pengakuannya.

27 November 2016 06:45 WIB

Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto. Istimewa

Menurut Marjoko, garis keturunan Prabowo merupakan tokoh ulama yang menyebarkan Islam di Kasultanan Cirebon dan wilayah Purwokerto.

”Pada 13 Masehi Sunan Bonang mengutus putranya menyebarluaskan Islam di Cirebon. Islam berkembang, punya putra di bawah Kamandaka. Mendirikan pesantren di sini. Pindah ke Etan, mendirikan pesantren,” papar Marjoko, dengan meyakinkan hadirin.

Dalam berbagai biografi Prabowo Subianto, tidak pernah ada tertulis ia menceritakan silsilah sebagai keturunan Sunan Bonang. Banyak orang hanya mengetahui ia keturunan Tionghoa yang beragama Islam.


Berjuang Menangkan 02 di Jateng, Bibit Waluyo dan Prabowo Ternyata Dulunya...

Penghobi kuda pacu ini adalah saudara kandung taipan Hashim Sujono Djojohadikusumo. Prabowo mantan Danjen Kopassus dan Panglima Kostrad ini tercatat pernah berjasa dalam sebuah operasi melawan Gerakan Papua Merdeka. Ia membebaskan 12 peneliti yang sedang melakukan ekspedisi, yang lima di antaranya adalah warga negara Indonesia. Ia lalu mengundurkan diri dari dinas militer tak lama Presiden lengser keprabon dan di masa pemerintahan Presiden BJ. Habibie.

Prabowo lalu menekuni bisnis keluarganya dan sempat hijrah ke Kota Amman, Yordania, Timur Tengah, beberapa tahun, lalu kembali ke Tanah Air mendirikan Parpol Gerindra. Pada pemilihan umum tahun 2009, ia dipilih sebagai wakil dari capres Megawati Soekarnoputri, namun kalah oleh SBY-Budiono.

Prabowo berasal dari keluarga ilmuwan. Kakeknya, Margono Djojohadikusumo, merupakan pendiri Bank Negara Indonesia, pemimpin pertama Dewan Pertimbangan Agung Sementara, dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Ayahnya, Sumitro Djojohadikusumo, merupakan seorang begawan ekonomi yang dulu dipercaya Presiden Soeharto untuk menjadi Menteri Riset dan Teknologi.

Di antara bisnisnya, Prabowo memiliki sebuah bisnis bersama saudaranya di Mangkajang, Kalimantan Timur. Ia kini tercatat memimpin sekitar 27 perusahaan di Indonesia dan luar negeri. Perusahaan yang dipimpinnya meliputi Nusantara Energy (perusahaan minyak, gas alam dan batu bara), Tidar Kerinci Agung (minyak kelapa), dan Jaladri Nusantara (industri perikanan).

Wajib Tahu! Ini 12 Persamaan Prabowo dengan Bung Karno!

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah,Yusran Edo Fauzi