logo


Berikut Fakta Sang Revolusioner Kuba, Fidel Castro

Castro adalah pemegang rekor pidato terpanjang yang pernah disampaikan pada forum PBB.

27 November 2016 05:00 WIB

Sebanyak 634 percobaan pembunuhan menyasar kepada Castro dan sebanyak itu pula dirinya berhasil selamat dari ancaman maut. Dalang dari sejumlah percobaan pembunuhan tersebut tak lain adalah CIA. Lembaga telik sandi asal Amerika Serikat itu pernah menggunakan pil racun, cerutu beracun, peledak moluska, dan baju selam kimia yang tercemar. Ada pula dugaan rencana memberinya bedak yang akan membuat jenggotnya rontok dan melemahkan popularitasnya.
Sebanyak 634 percobaan pembunuhan menyasar kepada Castro dan sebanyak itu pula dirinya berhasil selamat dari ancaman maut. Dalang dari sejumlah percobaan pembunuhan tersebut tak lain adalah CIA. Lembaga telik sandi asal Amerika Serikat itu pernah menggunakan pil racun, cerutu beracun, peledak moluska, dan baju selam kimia yang tercemar. Ada pula dugaan rencana memberinya bedak yang akan membuat jenggotnya rontok dan melemahkan popularitasnya. istimewa

HAVANA, JITUNEWS.COM — Tokoh besar sekaligus kharismatik Kuba, Fidel Castro wafat pada usia 90 tahun. Dalam laporan yang dilansir dari Reuters, Sabtu 26 November 2016 mencatat sejumlah fakta tentang sepak terjang Castro selama hidup.

Reuters mengawalinya dengan memaparkan bahwa Fidel Castro adalah kepala negara terlama ketiga di duni setelah Ratuu Inggris Elizabeth dan Raja Thailand. Setidaknya, selama lima dekade Castro memimpin Kuba. Tahta Castro baru diestafetkan pada Juli 2006 kepada adiknya, Raul, pada tahun tahun 2006 setelah Castro menjalani operasi usus. Kemudian penyerahan kekuasaan menjadi resmi pada 2008.

Kedua, Reuters mencatat sedikitnya sebanyak dua kali Castro muncul di ruang publik jelang demisoner sebagai kepala negara Kuba. Castro sesekali muncul di depan publik dan dalam video yang biasanya menayangkan pertemuan dengan tamu. Dia menulis ratusan kolom untuk media resmi. Membungkuk dan berjalan dengan kesulitan, Castro terlihat di depan umum dua kali pada 2012 dan dua kali pada 2013. Ia terlihat di depan umum pada 8 Januari 2014, saat pembukaan pusat budaya.


Fidel Castro 'Ngikik' Dengar Lelucon Gus Dur

Selanjutnya, ketiga, Reuters mencatat, Castro adalah pemegang rekor pidato terpanjang yang pernah disampaikan pada forum PBB. Castro menyampaikan pidatonya selama empat jam dan 29 menit pada 26 September 1960, seperti yang tercatat dalam situs resmi PBB. Salah satu pidaton terpanjangnya yaitu berlangsung 7 jam dan 30 menit pada 24 Februari 1998, setelah dirinya terpilih kembali oleh majelis nasional untuk jangka waktu lima tahun sebagai presiden.

Keempat, sebanyak 638 percobaan pembunuhan menyasar kepada Castro dan sebanyak itu pula dirinya berhasil selamat dari ancaman maut. Dalang dari sejumlah percobaan pembunuhan tersebut tak lain adalah CIA. Lembaga telik sandi asal Amerika Serikat itu pernah menggunakan pil racun, cerutu beracun, peledak moluska, dan baju selam kimia yang tercemar. Ada pula dugaan rencana memberinya bedak yang akan membuat jenggotnya rontok dan melemahkan popularitasnya.

Kelima, majalah Time pada 2012 mendapuk Castro sebagai salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh sepanjang masa.

Terakhir, keenam, Castro dianugerahi sedikitnya sembilan anak yang berasal dari lima perempuan yang berbeda.

CIA Pernah Coba Bunuh Fidel Castro Hingga 638 Kali

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah