logo


Padi Hibrida, Solusi Jitu di Tengah Maraknya Alih Fungsi Lahan

Pasalnya dengan memaksimalkan pemanfaatan varietas unggul, produktivitas hasil di sektor pertanian pasti akan terus meningkat.

23 November 2016 16:47 WIB

Petani memegang hasil panen padi hibrida.
Petani memegang hasil panen padi hibrida. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Ekonomi Pertanian Dani Setiawan mengatakan di tengah gencarnya langkah pemerintah dalam meningkatkan produktivitas hasil pangan di sektor pertanian.

Pada saat yang sama terjadi langkah alih fungsi lahan yang sudah cukup massif terjadi. Untuk menyikapi hal tersebut pemerintah perlu melakukan langkah strategis dengan memaksimalkan pemanfaatan varietas bibit unggul antara lain varietas unggul padi hibrida.

"Pemerintah perlu memaksimalkan pemanfaatan varietas yang berpotensi tinggi seperti padi hibrida," demikian kata Dani Setiawan kepada Jitunews.com, Rabu(23/11).


Peran Pemuda Majukan Pertanian di Indonesia Makin Nyata

Menurutnya memaksimalkan pemanfaatan varietas unggul seperti varietas hibrida dan varietas unggul lainnya menjadi salah solusi untuk tetap menjaga produktivitas hasil di sektor pertanian.

"Di beberapa tempat kita temukan, banyak lahan pertanian yang berubah menjadi perumahan atau bahkan gedung-gedung tempat perbelanjaan," demikian katanya.

Menurutnya, adanya alih fungsi lahan tersebut merupakan persoalan yang tidak mungkin dihindari karena jumlah dan populasi masyarakat yang kian bertambah dan membutuhkan hunian yang terus menerus.

“kalau di daerah jawa, ya lahan pertanian yang diambil untuk dijadikan perumahan warga,”ujarnya.

Ia mengatakan bahwa dengan memaksimalkan pemanfaatan varietas unggul ini maka, peningkatan produktivitas hasil menjadi tujuan pemerintah.

"Jadi ke depannya yang menjadi fokus bukan lagi pada soal luas lahan pertanian, tetapi bagaimana bisa memaksimalkan lahan yang ada dengan pemanfaatan teknologi dan varietas unggul. Kendati lahan berkurang tetapi produktivitas hasil meningkat, salah satunya dengan memanfaatkan varietas unggul," katanya.

Beberapa waktu yang lalu saat hadir dalam acara Hari Pangan Sedunia(HPS) di Boyolali Jawa Timur, Presiden Joko Widodo, menginstruksikan kepada Menteri Pertanian (Mentan) agar bisa memaksimalkan pemanfaatan varietas unggul. Pasalnya dengan memaksimalkan pemanfaatan varietas unggul, produktivitas hasil di sektor pertanian pasti akan terus meningkat dan harapan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

Sementara itu hingga saat ini PT Biogene yang memproduksi benih padi unggul hibrida, sudah melepas sembilan varietas benih padi hibrida yakni, B3, B5, B8, B9, Sembada 101, Sembada 168, Sembada 626, Sembada 188, dan Sembada 989. Pasalnya dari semua varietas padi hibrida yang sudah dikeluarkan oleh PT Biogene sudah sangat diminati oleh masyarakat petani dan sudah ditanam di hampir semua kantong produksi padi yang ada di seluruh Indonesia.

Periode Maret 2018: Harga Menguat, BK CPO Nol, BK Kakao 5%

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah