logo


Jaga Ketersediaan Pakan Ternak, Kementan Canangkan Gerakan PPB

Pencanangan Gerakan Pembangunan Pakan Berkualitas (GPPB) saat ini sudah dijalankan di daerah Bone, Sulawesi Selatan.

23 November 2016 16:36 WIB

Sapi lokal yang berada di tempat penampungan sapi milik UPTD-RPH Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkot Depok.
Sapi lokal yang berada di tempat penampungan sapi milik UPTD-RPH Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkot Depok. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Problematika pakan ternak masih menjadi masalah serius yang harus diselesaikan oleh pemerintah pada saat ini. Untuk menyikapi hal tersebut pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong upaya bersama Gerakan Pembangunan Pakan Berkualitas (GPPB).

"Dengan adanya ketersediaan pakan ternak yang baik dan berkualitas, maka program pencanangan peningkatan populasi sapi dan target swasembada daging bisa segera terwujud," demikian kata Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nasrullah, di Jakarta, Rabu (23/11).

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk pencanangan gerakan Pembangunan Pakan Berkualitas (GPPB) saat ini sudah dijalankan di daerah Bone, Sulawesi Selatan. Pasalnya di daerah yang luasnya mencapai 13 ribu hektar tersebut sudah di jadikan area pembangunan pakan ternak.


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

"Di daerah lain juga kami bangun sentra pakan, tetapi jumlahnya masih cukup kecil disesuaikan dengan populasi sapi yang ada di daerah tersebut," demikian katanya.

Ia berharap dengan adanya program tersebut, kelangkaan pakan ternak tidak akan terjadi lagi.

"Karena di masing-masing daerah kita sudah kembangkan pakan yang berkualitas," ujarnya.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah