logo


Petani Tak Diuntungkan dengan Adanya Lonjakan Harga Bawang Merah

Kenaikan sejumlah komoditas pangan tidak dirasakan manfaatnya oleh para petani, karena produksi terus menurun akibat dari cura hujan yang terus tinggi.

21 November 2016 11:09 WIB

Pedangang mengayak bawang merah untuk memisahkan sisa-sisa kulit di pasar Kemiri, Depok (8/6).
Pedangang mengayak bawang merah untuk memisahkan sisa-sisa kulit di pasar Kemiri, Depok (8/6). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Ikhwan Arif, mengatakan, jika kondisi cuaca terus tidak menentu seperti sekarang ini, bukan tidak mungkin harga komoditas pangan khususnya bawang merah akan terus melonjak hingga akhir tahun.

“Pada saat ini kenaikan harga bawang merah belum kelihatan, tetapi kenaikan harga komoditas lain khususnya cabai sangat memprihatinkan, sudah 2 kali lipat,” demikian kata Ikhwan Arif kepada Jitunews.com, Senin (21/11).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kenaikan harga sejumlah komoditas pangan tidak dirasakan manfaatnya oleh para petani, karena produksi terus menurun akibat curah hujan yang terus tinggi.


Begini Peta Ketersediaan Bawang Merah Periode Juni-Agustus di Sentra Utama di Jawa Barat

“Yang untung dari kenaikan harga seperti sekarang ini ya pedagang di pasar,” demikian katanya.

Ia berharap agar pemerintah membuat strategi yang baik terutama untuk menjaga tanaman pangan petani di musim ekstrem seperti sekarang ini. Selain itu, ia juga berharap agar pemerintah bisa mengupayakan pemotongan rantai distribusi pangan, sehingga hasil panen petani yang sudah terkena air hujan bisa segera sampai ke pasar-pasar.

“Kalau masih melewati rantai distribusi yang panjang, hasil pangan tersebut akan cepat membusuk. Paling-paling tahannya hanya 2-3 hari, setelah itu pasti membusuk,” ujarnya.

Menurutnya, kalau pemotongan rantai pasokan ini bisa dimaksimalkan, kendati ada musim ekstrem, pasokan hasil pangan di pasar-pasar pasti akan tetap aman.

Agar Tak Lagi Menangis Saat Mengiris Bawang Merah, Ikuti Tips Ini!

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan