logo


DPR Minta Pemerintahan Indonesia Lakukan Sesuatu untuk Muslim Rohingya

Anggota Komisi I DPR RI, Elnino H Mohi menegaskan, aksi pembataian yang dilakukan di Myanmar terhadap masyarakat muslim Rohingya tidak dibenarkan oleh alasan apapun.

21 November 2016 10:47 WIB

Anak-anak etnis Muslim Rohingya di pengungsian.
Anak-anak etnis Muslim Rohingya di pengungsian. AP Photo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR RI, Elnino H Mohi, menegaskan, aksi pembantaian yang dilakukan di Myanmar terhadap masyarakat muslim Rohingya tidak dibenarkan oleh alasan apapun.

"Tidak akan ada satu pun manusia di bumi ini yang mentolerir genosida kecuali orang-orang jahat," ujarnya di Jakarta, Minggu (20/11).

Lebih lanjut dia mengatakan, alangkah baiknya apabila pemerintahan Indonesia berinisiatif untuk mengajak negara-negara lain untuk menekan pemerintahan Myanmar agar menghentikan pembantaian terhadap masyarakat muslim Rohingya.


DPR: Aparat Keamanan Lalai Memantau Pergerakan Mantan Napi Teroris

Politisi Gerindra ini juga menyarankan pemerintah Indonesia untuk mendesak negara-negara ASEAN untuk membantu penyelamatan nyawa-nyawa masyarakat Rohingya.

"Bagi saya, masalah Rohingya ini adalah salah satu faktor untuk menilai kinerja pemerintah Jokowi dalam diplomasi internasional. Presiden RI mesti membuktikan bahwa RI adalah negara yang kuat dan berpengaruh. Kekuatan dan pengaruh itu digunakan untuk hal-hal yang positif, seperti menghentikan pembantaian manusia di negara tetangga. Masa sih Indonesia sekarang ini gak didengar lagi oleh negara sekecil Myanmar?" katanya.

Menurutnya, yang sangat memprihatinkan dalam persoalan ini adalah masyarakat internasional serasa diam atas peristiwa pembantaian yang dilakukan oleh rezim pemerintahan Myanmar terhadap etnis Rohingya. Hal ini sangat berbeda perlakuannya terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di negara Timur Tengah.

Jubir FPI : Mau Ikut ke Rohingya? Harus Siap Mati Syahid!

"Menjadi aneh jika dunia internasional (termasuk media-media global) tidak melakukan pembelaan yang signifikan terhadap masyarakat Rohingya yang dibantai oleh rejim pemerintah Myanmar. Apakah karena elit global tidak punya kepentingan ekonomi di Myanmar? Berbeda dengan perlakuan mereka terhadap wilayah Arab yang kaya minyak?" tutupnya.

Ketua DPR Setuju Gubernur DKI Ditunjuk Langsung Oleh Presiden

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan