logo


Coba Deh, Ini Trik Jitu Enyahkan Bau Kaki Secara Alami

Minyak lavender dipercaya tidak hanya ampuh membunuh bakteri pada kaki, namun juga bisa mengatasi aroma tak sedap dengan kandungan zat anti-fungal di dalamnya.

16 November 2016 13:01 WIB

Ilustrasi bau kaki.
Ilustrasi bau kaki. evehealth.ru

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Jangan anggap sepele masalah bau kaki. Bau kaki yang tak sedap bukan saja akan menyebabkan kita merasa minder dan salah tingkah, namun juga dapat menghambat pergaulan lho!

Nah, masalah bau kaki ini memang tidak mengenal usia. Dari anak-anak, remaja, hingga orang tua bisa mengalami masalah ini. Umumnya, bau tak sedap yang keluar dari kaki lebih disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi udara akibat sepatu atau kaos kaki yang terlalu rapat menutup kaki dalam waktu yang relatif lama. Akibatnya keringat yng keluar dari kaki tidak bisa menguap.

Nah, daripada harus ‘bertarung’ terus-terusan dengan aroma tidak sedap tersebut, yuk lakukan sesuatu untuk mengusir bau tak sedap ini. Caranya simple, Anda bisa menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Berikut Jitunews ulas trik menghilangkan bau kaki secara alami, seperti dilansir Boldsky.


Catat! Ini Tips Jitu Hasilkan Umbi Singkong yang Besar dan Banyak

Teh hitam. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengenyahkan bau kaki adalah dengan teh hitam. Caranya, rebus air secukupnya kemudian masukkan dua kantung teh hitam. Gunakan air rebusan teh hitam ini sebagai air rendaman untuk kaki, lalu rendam kedua kaki dalam air teh hitam yang bersuhu hangat tersebut selama beberapa saat. Untuk hasil ideal, lakukan metode ini rutin setiap harinya.

Jahe. Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya bisa dengan menggunakan jahe. Caranya, ambil akar jahe berukuran sedang, lalu masukkan ke dalam segelas air panas dan diamkan sekira 15-20 menit. Setelah itu saring air jahe tersebut, kemudian gunakan air jahe yang sudah tersaring bersih tersebut sebagai cairan untuk memijat seluruh area kedua kaki. Ulangi cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dan lakukan rutin setiap harinya.

Minyak lavender. Minyak lavender dipercaya tidak hanya ampuh membunuh bakteri pada kaki, namun juga bisa mengatasi aroma tak sedap dengan kandungan zat anti-fungal di dalamnya. Caranya, Anda tinggal tuangkan beberapa tetes minyak lavender dalam wadah atau ember keranjang yang sudah diisi air hangat, lalu rendam kedua kaki selama beberapa waktu. Lakukan metode ini dua kali dalam sehari jika ingin bau tak sedap hilang dari kaki Anda.

Baking soda. Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Ya, Anda tinggal menuangkan bubuk baking soda secukupnya ke dalam wadah atau ember berisi air hangat. Kemudian rendam kaki selama 15 sampai 20 menit, setelah itu keringkan kedua kaki dengan handuk bersih. Taburkan juga bubuk baking soda ini di dalam sepatu dan kaus kaki sebelum hendak digunakan.

Tertarik mencobanya?

Ini Dia Tips Mudik Idul Adha Aman ala Pebalap Rifat Sungkar

Halaman: 
Penulis : Riana