logo


Mentan Batasi Impor Demi Gairahkan Semangat Petani Jagung

"Pada saat ini semangat masyarakat petani untuk menanam jagung terus meningkat"

16 November 2016 12:36 WIB

Petani mengumpulkan jagung hasil panen.
Petani mengumpulkan jagung hasil panen. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengatakan bahwa langkah dan kebijakan mengendalikan laju impor jagung pada saat ini justru membangkitkan animo masyarakat petani dalam menanam jagung.

“Pada saat ini semangat masyarakat petani untuk menanam jagung terus meningkat, yang sebelumnya lesu karena harga yang tidak menentu serta proses penyerapan tidak lancar, sekarang sudah aman karena proses serapan jagung petani sudah berjalan baik,” kata Amran, Selasa malam (15/11), di Jakarta.

Amran menjelaskan, pada saat ini jumlah peningkatan populasi tanam jagung sudah sangat tinggi. Hal tersebut sangat jelas dengan adanya peningkatan produksi yang mencapai 21,8 persen. Pada tahun 2014 produksinya yang hanya mencapai 19.008.426 ton naik jadi 23.164.915 ton pada tahun 2016.


2016, Produksi Jagung RI Diprediksi Naik Hingga 23,16 Juta Ton

“Ini merupakan bukti dari tingginya animo masyarakat dalam meningkatkan produksi di sektor pangan khususnya jagung. Ini juga bukti bahwa langkah pengambilan kebijakan mengendalikan impor jagung merupakan langkah yang pro terhadap para petani,” ujar Amran.

Amran menambahkan, tingginya semangat masyarakat dalam menanam jagung akan terus diimbangi dengan upaya serapan yang baik dari para pelaku industri pakan ternak dan para pelaku industri lainnya.

“Kalau ada langkah serapan yang baik, maka semangat masyarakat petani untuk menanam jagung pun akan terus meningkat,’ ungkap Amran.

Upaya penyerapan, lanjut Amran, menjadi kendala yang selama ini dirasakan oleh para petani jagung lokal. "Karena masih didominasi jagung impor, jadi kebijakan menahan laju impor ini bakal berdampak pada serapan jagung lokal. Serapan jagung lokal pasti akan tinggi dan menguntungkan para petani," tandas Amran.

5 Cara Pemerintah Wujudkan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro
 
×
×