logo


Inseminasi Buatan Jadi Strategi Kementan Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, optimalisasi Inseminasi Buatan (IB) merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas sapi perah di Indonesia.

15 November 2016 17:56 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Bogor, Selasa (15/11).
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Bogor, Selasa (15/11). Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengatakan, optimalisasi Inseminasi Buatan (IB) merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas sapi perah di Indonesia.

"Kita yakin upaya IB ini akan mampu meningkatkan produktivitas sapi perah di tanah air," demikian kata Amran Sulaiman di Bogor, Selasa (15/11).

Mentan menegaskan bahwa gerakan bersama IB ini merupakan gerakan masyarakat peternak di seluruh Indonesia untuk meningkatkan populasi sapi lokal yang ada.


Mentan Segerakan Inseminasi Buatan dan Lelang 50.000 Indukan Sapi

Ia juga menegaskan bahwa gerakan ini merupakan bagian dari upaya UPSUSU SIWAB yang sudah dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan populasi sapi dan meningkatkan kesejahteraan para peternak di anah air.

Untuk diketahui, UPSUS SIWAB merupakan gerakan nasional sebagai kelanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya guna mendorong pertumbuhan sapi dan kerbau. Gerakan tersebut sudah dituangkan dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No.48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting.

Mentan menegaskan bahwa UPSUS SIWAB akan memaksimalkan potensi sapi indukan di dalam negeri untuk terus menghasilkan pedet (anak sapi) dalam rangka menambah populasi ternak nasional.

Kementan dan Bappenas Sepakat Bersinergi Tingkatkan Produksi Pertanian

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan
 
×
×