logo


Enam Herbal Pengontrol Diabetes

Daun bilberry sudah dipercaya berabad-abad ampuh mengontrol diabetes

15 November 2016 12:00 WIB

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Diabetes merupakan penyakit yang tak asing lagi dan dapat menyerang siapa saja. Cara penyembuhan penyakit ini biasanya penderita selalu rutin memeriksa gula darahnya ke dokter. Selain penanganan medis, sebagian orang percaya bahwa pengobatan diabetes ini juga dapat diatasi dengan bahan alami tradisional yang tersedia di rumah.

Seperti diwartakan The Healthsite, Senin (14/11), berikut ini adalah 6 bahan alami alias herbal yang dapat membantu kadar gula darah tetap terkontrol.

Kayu manis. Kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar glukosa darah. Minum setidaknya setengah sendok teh kayu manis per hari.


Herbalis: Biji Anggur Pelindung Jantung

Teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol yang tinggi. Polifenol adalah antioksidan dan senyawa hypo-glikemik kuat yang membantu mengontrol pelepasan gula darah dan membantu tubuh untuk dapat menggunakan insulin lebih baik. Caranya, rendam kantong teh hijau dalam air panas selama 2-3 menit, lalu minum teh ini setiap pagi atau sebelum makan.

Daun kelor. Dalam kasus penderita diabetes, daun kelor dapat meningkatkan rasa kenyang, memperlambat proses pemecahan makanan, dan menurunkan tekanan darah. Caranya, ambil beberapa daun kelor, cuci, dan hancurkan untuk mengekstrak sarinya. Kemudian ambil sekitar seperempat cangkir sarinya dan minum saat perut kosong setiap pagi, untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

Daun basil kudus (tulsi). Menurut riset, daun ini mengandung antioksidan dan minyak yang dapat membantu sel-sel beta pankreas (sel yang menyimpan dan melepaskan insulin) untuk berfungsi dengan baik dan meningkatkan sensitivitasnya. Caranya, konsumsi dua hingga tiga daun tulsi, atau sekitar satu sendok makan penuh sarinya yang diminum saat perut kosong untuk menurunkan kadar gula darah.

Biji rami (alsi). Karena seratnya yang tinggi, biji rami dipercaya dapat membantu pencernaan dan penyerapan lemak serta gula. Mengonsumsi biji rami, membantu mengurangi tingkat gula postprandial diabetes dalam tubuh hampir 28 persen. Caranya, konsumsi satu sendok bubuk biji rami dengan segelas air hangat setiap pagi saat perut kosong. Namun jangan minum lebih dari dua sendok makan per hari, karena dapat berdampak kurang baik ada kesehatan Anda.

Daun bilberry. Sudah berabad-abad daun ini digunakan untuk mengontrol diabetes. Bahkan baru-baru ini, Journal of Nutrition menyatakan bahwa daun bilberry mengandung jumlah tinggi anthocyanidin, yang meningkatkan kinerja berbagai protein yang terlibat dalam transportasi glukosa dan metabolisme lemak. Karena kandungannya yang unik, daun ini bagus untuk menurunkan kadar gula darah seseorang. Caranya, hancurkan daun bilberry dan konsumsi 100 miligram ekstraknya setiap hari saat perut kosong.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Herba Jitu Pembasmi Ketombe, Daun Pandan!

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×