logo


SHS Jamin Distribusi Benih Unggul ke Petani Tepat Waktu

Distribusi benih unggul memegang peranan penting dalam pencapaian swasembada pangan

14 November 2016 12:39 WIB

Petani memanen padi.
Petani memanen padi. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pendistribusian benih unggul yang tidak tepat sasaran dan tidak tepat waktu, masih menjadi kendala di sektor pertanian. Pasalnya, hal tersebut berdampak besar pada produktivitas hasil pertanian petani.

PT Sang Hyang Seri (SHS) sebagai mitra pemerintah dalam proses penyaluran dan penyediaan benih unggul, menjamin bahwa proses penyaluran benih di tanah air akan tepat sasaran dan juga tepat waktu.

"Upaya ini dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produksi padi. Hal ini kami jamin berjalan lancar," ujar Direktur Utama PT Sang Hyang Seri (SHS), Syaiful, Senin (14/11), di Jakarta.

Lebih lanjut, Syaiful menjelaskan, untuk menjaga proses penyaluran benih unggul hingga ke tingkat petani serta memenuhi kebutuhan benih petani, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah strategis.

Langkah strategis itu misalnya, memperluas lahan penangkaran benih yang bekerjasama dengan petani penangkar melalui kelompok tani. Kemudian, di Sulawesi Selatan, pendampingan pada petani penangkar dengan menggandeng sembilan profesor benih dari Universitas Hasanuddin.

"Kemarin kami berkunjung ke Kantor Cabang Maros, Sulawesi Selatan, mereka sudah meningkatkan luas penangkaran benih dari 500 hektar sekarang menjadi 1.000 hektar. Kemudian di Kulon Progo berhasil juga memperluas lahan penangkaran dari 130 hektar sekarang menjadi 500 hektar. Begitu pun di regional lain sudah mampu meningkatkan luas penangkaran benih," jelas Syaiful.

Syaiful pun berharap, sejumlah langkah strategis tersebut mampu memenuhi kebutuhan benih masyarakat petani yang ada di Indonesia dan ke depannya mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian, sehingga target swasembada pangan bisa tercapai. “Kalau produktivitas terus meningkat, target swasembada pangan pasti akan tercapai,” tukas Syaiful.

Benih Bersubsidi Salah Penyaluran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro