logo


Ladies, Yuk Enyahkan Selulit dengan Kopi!

Kandungan kafein dalam kopi memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

14 November 2016 10:30 WIB

Lulur atau mandi kopi berkhasiat untuk menghilangkan selulit.
Lulur atau mandi kopi berkhasiat untuk menghilangkan selulit. Khoobsurati.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kopi tak hanya bermanfaat sebagai minuman pengusir rasa kantuk. Kopi memiliki khasiat untuk 'mengusir' selulit. Dengan lulur atau mandi kopi ini, kulit Anda yang tadinya bak kulit jeruk akan terlihat mulus.

Seperti diwartakan tabloid info kecantikan, menurut dr. Agus Rahmadi, herbalis dari Klinik Sehat Mulya Pondok Indah, kandungan kafein dalam kopi memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, kafein di dalam tubuh berperan meningkatkan kerja psikomotorik sehingga tubuh terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. 

Kafein juga memberikan efek rasa segar, meningkatkan energi dan menghilangkan rasa lelah. Pasalnya, kafein mengandung molekul metabolit seperti 1-3-7 asam trimetilurar, paraksantina, teofilina dan teobromida. Molekul ini memiliki kemampuan mengikat reseptor adenosine dan nukleotida di dalam otak yang merespon rasa lelah. 


Herbalis: Biji Anggur Pelindung Jantung

Namun ternyata, kopi yang digunakan bukan kopi yang telah melewati proses pematangan atau hasil produksi. Biji kopi yang berkhasiat adalah biji kopi yang masih murni dan utuh dari pohon kopi. Kopi yang telah melalui proses pemanggangan telah rusak kandungannya. Bahkan, proses pemanggangan menimbulkan senyawa akrilamit yang merupakan senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker, seperti kanker otak dan kanker kulit. 

Proses pemanggangan juga mengurangi zat kafein yang terdapat di dalam kopi. Jadi, ketika kopi yang sudah diproses ini digunakan untuk perawatan kecantikan, maka efeknya tidak sebagus kopi asli atau murni. Untuk mendapatkan kopi asli, Anda bisa memesannya pada pedagang-pedagang kopi biji gilingan yang biasanya terdapat di pasar-pasar tradisional. 

Ada beberapa cara mengatasi selulit dengan kopi. Berikut penjelasannya:

Seberapa Besar Peluang Herbal Menggantikan Obat Kimia?

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×