logo


Mantap, Perbaikan Saluran Irigasi Butuh Waktu 3 Tahun

Saluran irigasi yang diperbaiki nanti adalah irigasi primer yang mengalurkan air dari bendungan

20 November 2014 08:15 WIB

Menteri Pertanian
Menteri Pertanian

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian Amran Sulaiman  butuh waktu tiga tahun untuk memperbaiki 3 juta saluran irigasi di seluruh Indonesia. Asumsinya setiap tahun perbaikian 1 juta saluran irigasi.

Dengan demikian diharapkan perbaikan saluran irigasi ini akan rampung pada 2017. "Perbaikan irigasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian," katanya di Pati Jawa Tengah seperti dikutip Antara.

Menurut Amran, saluran irigasi yang diperbaiki nanti adalah irigasi primer yang mengalurkan air dari bendungan. Sementara yang irigasi  sekunder perlu koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Pertanian 4.0: Sudah Siapkah Indonesia ?

"Untuk saluran irigasi yang diperbaiki di Pati, diperkirakan mencapai panjang 5.000 hektare. Saluran irigasi yang diperbaiki, merupakan irigasi tersier atau jaringan saluran irigasi yang tersebar di dalam areal persawahan," katanya.  .

Dalam kesempatan itu, Amran Sulaiman juga memastikan pengalihan subsidi bahan bakar minyak akan berjalan dengan baik terutama di bidang pertanian.

Langkah perbaikan saluran irigasi tersebut, kata dia, didukung dana yang cukup besar karena pemerintah bakal menyiapkan anggaran untuk sektor pertanian hingga Rp50 triliun.

Anggaran sebesar itu, digunakan untuk pembangunan waduk atau bendungan, irigasi, bantuan peralatan pertanian, bibit dan subsidi pupuk.

Ia mengatakan, anggaran tersebut berasal dari dana pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

 

Rayakan Natal Bersama ASN, Mentan Ajak Jadi Pelopor Pembangunan Pertanian

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid