logo


5 Trik Jitu Memilih Usaha Franchise Minuman

Tak heran bila usaha berkonsep franchise minuman ampuh sebagai ladang pengeruk keuntungan.

19 November 2014 17:00 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA.JITUNEWS.COM - Pernah mendengar, melihat, atau merasakan Cappucino Cincau ? Jika pernah, usaha tersebut merupakan salah satu usaha berbentuk franchise yang kini kian menjamur. Bahkan, beberapa gerai usaha tersebut selalu tampak ramai dengan pembeli, apalagi jika cuaca sedang panas. Oleh karenanya, tak heran bila usaha berkonsep franchise minuman ini, ampuh sebagai ladang pengeruk keuntungan. Nah, bagi Anda yang ingin melakoni usaha minuman berkonsep franchise, plus perolehan untung yang melimpah, berikut ini 5 trik jitu memilih usaha franchise minuman yang bisa dijadikan acuan.

1.    Pilih Branding yang Sudah Populer 
Branding sebuah produk sangat penting. Pasalnya, semakin dikenal konsumen maka akan lebih mudah mendatangkan pelanggan setia kepada Anda. Sehingga, promosi khusus tidak perlu Anda lakukan, bahkan bisa saja keberadaan bisnis Anda dicari-cari oleh konsumen. Produk inovatif, berkualitas serta branding yang kuat adalah modal jitu dalam memilih bisnis franchise minuman. 

2.    Menu Mudah Dibuat 
Praktis dan mudah dalam pembuatan minuman harus diutamakan. Tujuannya, supaya menu minuman yang Anda sajikan memiliki kualitas yang sama dari yang ditentukan oleh perusahaan franchise minuman tersebut. Sehingga dengan kemudahan proses pembuatan ini, Anda dan karyawan bisa lebih cepat belajar sebelum memulai usaha dan berjualan. 

3.    Mempunyai Varian Menu Beragam 
Dalam satu branding franchise minuman harus ditemukan banyak varian rasa atau inovasi tertentu. Sebabnya, keanekaragaman varian tersebut merupakan cara ampuh mengurangi kejenuhan konsumen terhadap menu yang itu-itu saja. Misal saja, bila Anda memilih usaha franchise berbasis kopi, menu yang ditawarkan bisa cappuccino, black coffee, ataupun coffee latte yang disajikan panas maupun dingin.

4.    Biaya dan Fasilitas
Modal yang dikeluarkan serta fasilitas yang didapat wajib diperhatikan ketika memilih usaha franchise minuman. Pastikan modal yang Anda keluarkan harus setara dengan fasilitas yang didapat. Intinya adalah selama biaya pembelian hak franchise masih masuk akal, ya no problem, namun bila sudah kelewat mahal, no way!!

5.    Perhatikan Isi Penawaran 
Terkadang bila sudah mantap dengan pilihan usaha francise minuman yang diinginkan, Anda kerap melupakan faktor penawaran mereka. Padahal nantinya, penawaran ini nantinya akan menjadi dasar kontrak. Oleh karena itu, sebisa mungkin periksa dengan detail bagaimana sistem kerjasama yang akan dijalankan. Perhatikan berapa keuntungannya dan apa saja resiko usaha franchise tersebut. Dan jangan lupa untuk kroscek langsung di lapangan. 

Modal Minim? Bisnis Ini Bisa Jadi Pilihan Tepat

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah