logo


Pemerintah Harusnya Tak Boleh Kalah dengan Mekanisme Pasar

"Pemerintah seharusnya berani untuk masuk menjaga harga di pasar," ucap Khudori.

7 November 2016 15:26 WIB

Penjual sayuran menunggu pembeli di salah satu pasar di Jakarta.
Penjual sayuran menunggu pembeli di salah satu pasar di Jakarta. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITNEWS.COM - Pengamat Ekonomi Pertanian, Khudori, mengatakan bahwa seharusnya pemerintah tidak boleh kalah dengan mekanisme pasar.

Menurutnya, sistem yang dibangun pasar adalah sistem dunia usaha yang ingin mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Untuk itu, pemerintah sebagai pelindung konsumen dan penjaga kesejahteraan petani harus mampu menjaga harga pangan.

"Pemerintah seharusnya berani masuk menjaga harga di pasar. Pemerintah tidak boleh kalah dengan mekanisme pasar yang suka memainkan harga pangan," demikian kata Khudori di Jakarta, Senin (7/11).


Agar Distribusi Pupuk Lancar, Kementan Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi

Ia mengakui bahwa setiap pasar pasti sudah memiliki sistem tertentu dan jaringan yang cukup kuat.

"Karena adanya sistem dan jaringan ini, maka pihak pasar dengan mudahnya mengkondisikan harga jual bahan pangan," demikian katanya.

Menurutnya, pemerintah tidak boleh tinggal diam melihat hal tersebut. Pemerintah seharusnya berani masuk dan mengubah sistem yang ada.

"Sistem lama yang dibangun di pasar cukup menekan petani dan konsumen sehingga pemerintah harus berani mengambil langkah cepat," ujarnya.

Baginya, langkah pemerintah membuat sistem lain di luar mekanisme pasar tidak akan dapat menyelesaikan masalah harga pangan.

"Kalau pemerintah ingin menjaga harga agar tetap stabil, harus masuk dan memperbaiki sistem pasar yang ada dan mulai mengendalikan harga," tukasnya.

Jaga Psikologi Pasar, Pemerintah Diminta Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah
 
×
×