logo


Makanan ala Jepang Dipercaya Membantu Seseorang Hidup Lebih Lama

"Orang Jepang cenderung mengonsumsi karbohidrat tinggi baik dari beras dan sayur mayur), akan tetapi memiliki kandungan lemak yang rendah"

2 November 2016 15:10 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Seorang ahli nutrisi dari London, Cassandra Barns, mengatakan bahwa makanan ala Jepang dapat membantu manusia memiliki umur yang lebih panjang alias hidup lebih lama.

"Orang Jepang cenderung mengonsumsi karbohidrat tinggi baik dari beras dan sayur mayur), akan tetapi memiliki kandungan lemak yang rendah," ungkap peneliti bernama James DiNicolantonia.

Dan berikut ini beberapa makanan Jepang yang dipercaya membantu seseorang hidup lebih lama:


Marugame Udon & Tempura, Hadirkan Kuliner Otentik Jepang Nan Oishii

1. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bertugas menjaga kesehatan jantung. Konsumsi ikan juga dapat membantu Anda memperlancar sirkulasi darah. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan otak, mata, dan mengurangi peradangan. Ikan juga kaya akan selenium yang penting untuk pertahanan antioksidan dan sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Miso dan Pasta Umami

Makanan hasil dari fermentasi kedelai di dalam diet ala Jepang mengandung isoflavon dan bermanfaat bagi kesehatan wanita setelah mengalami menopause.

Konsumsi ini juga memiliki kaitan dengan menurunkan resiko kanker payudara dan kanker endometrium pada wanita setelah menopause.

Dibandingkan dengan kedelai biasa, orang Jepang lebih memilih untuk mengonsumsi makanan olahan kedelai tradisional seperti miso, tempe, dan natto.

3. Rumput Laut

Rumput laut kaya akan mineral, termasuk yodium, zinc, kalsium, kalium, dan puluhan mineral lainnya yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh, antioksidan, dan bahkan kesehatan jantung Anda.

4. Teh Hijau (Matcha)

Bubuk tradisional teh hijau yang terbuat dari ujung daun segar dari tumbuhan teh dan mengandung jenis-jenis flavanol tinggi yang disebut dengan catechins. Teh ini dapat membantu tubuh meningkatkan pertahanan antioksidan .

Teh hijau juga kaya dengan zat yang disebut theaninem yang diketahui dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran dan dapat membantu melindungi diri dari efek negatif stress.

5. Sayuran Acar

Acar merupakan sumber probiotik alami yang baik dan dapat membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Hal ini juga membantu mencegah kondisi yang berhubungan dengan aktivitas berlebihan dari sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit autoimun.
Jika Anda ingin mencoba meniru diet ala Jepang yang satu ini, Anda perlu mencari tahu dan mempelajari lebih dalam untuk membuat acar itu sendiri.

(Sumber: medicaldaily | huffingtonpost | Dailymail)

Omelet Bercita Rasa Marshmallow, Kuliner Unik Negeri Sakura

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro