logo


Ketua APPI: Pemerintah Belum Tuntas Atasi Masalah Pasokan Pangan

Masih tingginya harga bahan pokok ini lebih dipengaruhi oleh masalah klasik, yakni pasokan pangan yang belum stabil serta rantai pasokan yang masih sangat panjang

2 November 2016 12:29 WIB

Pedagang bahan pokok di pasar tradisional.
Pedagang bahan pokok di pasar tradisional. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPI), Ngadiran, mengatakan, hingga saat ini harga bahan pokok masih belum ada penurunan yang signifikan. Masih labilnya harga bahan pokok, kata Ngadiran, menyumbangkan tingginya angka inflasi di Tanah Air.

Menurut Ngadiran, masih tingginya harga bahan pokok ini lebih dipengaruhi oleh masalah klasik, yakni pasokan pangan yang belum stabil serta rantai pasokan yang masih sangat panjang.

Khusus untuk harga cabai, Ngadiran menjelaskan, tingginya harga cabai saat ini dikarenakan adanya tren pasokan cabai yang terus menurun. Selain itu, para pedagang kecil yang menjual di lapak-lapak pasar tradisional selalu mengikuti irama kenaikan harga di pasar induk.


Pemerintah Bentuk Tim Lintas Sektor untuk Pangkas Rantai Pasokan Pangan

Menurutnya, jika pasokan pangan di pasar induk menurun maka harga jualnya untuk di pasar induk cenderung naik dan kemudian diikuti oleh pasar-pasar tradisional.

“Kalau seperti sekarang ini, pasokan cabai di pasar induk Kramat Jati sudah mulai menurun, maka para penjual di pasar induk menjual dengan harga yang cukup mahal, kami harus membeli. Kalau kami belinya mahal di pasar induk bagaimana kami bisa menjualnya murah, sementara belinya mahal,” ungkap Ngadiran kepada Jitunews.com di Jakarta, Rabu (2/11).

Lebih lanjut, Ngadiran mengatakan, untuk saat ini masalah cabai menjadi cukup pelik karena sudah memasuki musim huja,n dan hasil cabai petani masih tertahan dan belum dipanen karena takut cepat membusuk.

“Jadi dampaknya pada kelangkaan pasokan di pasar dan harga menjadi naik,” tukas Ngadiran.

Kemudian, Ngadiran secara pribadi merasa keberatan jika para pedagang kemudian dipaksa untuk menjual kebutuhan pokok dengan harga yang ditentukan oleh pemerintah yang dinilainya cukup rendah.

“Kami kan belinya mahal juga mas,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk bisa menstabilkan harga di pasar, pemerintah perlu menjaga keberlanjutan pasokan pangan.

“Sebenarnya masalahnya di ketersediaan pasokan dan rantai pasokan, kalau ini bisa diatasi oleh pemerintah maka harga pasti akan turun,” pungkas Ngadiran.

 

Harga Bahan Pokok Kian Melambung, Sandiaga Uno Dorong Ahok Berikan BLT

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana