logo


Petani Ogah Tanam Kedelai, Ini Penyebabnya

Pasalnya para petani sudah mulai enggan untuk menanam kedelai karena harga jualnya sangat rendah.

1 November 2016 15:10 WIB

Dua petani memanen kedelai yang ditanam setahun sekali di ladangnya di Kecamatan Nglendah, Kulonprogo, Yogyakarta, Selasa (25/7).
Dua petani memanen kedelai yang ditanam setahun sekali di ladangnya di Kecamatan Nglendah, Kulonprogo, Yogyakarta, Selasa (25/7). Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dirjen Tanaman Pangan, Hasil Sembiring, mengatakan terus menurunnya produksi kedelai saat ini lebih dikarenakan harga kedelai yang sudah sangat tidak bersahabat dengan para petani. Pasalnya, para petani sudah mulai enggan menanam kedelai karena harga jualnya sangat rendah.

"Produksi kedelai kita terus mengalami penurunan karena para petani sudah tidak bergairah lagi untuk menanam kedelai, pemicunya adalah harga yang ngga bersahabat dengan produksi mereka," demikian kata Hasil Sembiring di Jakarta, Selasa (1/11).

Lebih lanjut, ia menjelaskan kurang bersahabatnya harga dipicu oleh membanjirnya kedelai impor ke tanah air dengan harga yang murah dan kualitas cukup tinggi.


Ajak Petani Melek Teknologi, Adjeng Suminar Bawa Petani Jawa Barat Belajar di SP3T

"Harga kedelai saat ini di beberapa daerah mencapai Rp 4.000- Rp 5.000 per kg, ini sangat tidak bersahabat," demikian katanya.

Namun, menurutnya, kendati saat ini masyarakat petani belum memiliki gairah untuk menanam kedelai, tetapi pihaknya akan terus berupaya bersama untuk mengembalikan gairah para petani untuk menanam kedelai.

"Kita tidak menyerah, peningkatan produksinya akan kita upayakan dan anggaran untuk peningkatan produksi kedelai tetap ada. Kalau pemerintah menyerah berarti anggarannya pasti langsung dihilangkan," demikian tukasnya.

Harga Kelapa Jatuh, Petani Lakukan Ini!

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah