logo


2016, Produksi Jagung RI Diprediksi Naik Hingga 23,16 Juta Ton

Peningkatan produksi jagung ini menyebar di beberapa tempat, baik dari daerah Jawa maupun di daerah luar Jawa

1 November 2016 14:15 WIB

Seorang petani membuka kulit jagung kuning usai panen di Desa Tuwel, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (19/6).
Seorang petani membuka kulit jagung kuning usai panen di Desa Tuwel, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (19/6). beritadaerah.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Hasil Sembiring, mengatakan saat ini produksi jagung tanah air mengalami peningkatan cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pada tahun 2016 ini pihaknya memprediksi adanya kenaikan produksi jagung mencapai 23,16 juta ton pipilan kering.

“Prediksi kita kenaikannya mencapai 23,16 juta ton pipilan kering, atau mengalami kenaikan dari produksi tahun lalu sebanyak 3,55 juta ton atau 18,11 persen,” ujar Hasil, Selasa (1/11), di Jakarta.

Lebih lanjut, Hasil menjelaskan, peningkatan produksi jagung ini menyebar di beberapa daerah, baik di Jawa maupun di luar Jawa.


Kementan Mengklaim Ketersediaan Jagung Nasional Aman Hingga Akhir Tahun

“Untuk daerah Jawa kenaikannya mencapai 1,08 juta ton pipilan kering, sementara untuk luar Jawa peningkatan produksinya mencapai 2,48 juta ton,” kata Hasil.

Terjadinya kenaikan produksi pada sektor komoditas jagung saat ini, jelas Hasil, diperkirakan karena adanya perluasan lahan panen sebesar 597,14 ribu hektar atau mencapai 15,77 persen, ditambah sumbangan dari kenaikan produktivitas sebesar 1,05 kwintal per hektar atau mencapai 2,02 persen.

Kemudian, peningkatan produksi jagung yang relatif besar pada tahun 2016 diperkirakan terjadi di provinsi Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sedangkan penurunan produksi jagung yang relatif besar pada tahun 2016 diperkirakan terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku Utara, dan Papua," tukas Hasil.

Gerakan Panen Jagung Hibrida di Kab. Aceh Tenggara

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro
 
×
×