logo


Cek! Ini Faedah Jitu Biji dan Daun Mimba

Mimba mengandung zat azadirachtin, yang bersifat antimikroba serta berkualitas antiseptik

1 November 2016 12:43 WIB

Daun mimba.
Daun mimba. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mimba, apakah Anda mengenal sosok herba satu ini? Yup, jika dibandingkan dengan herba lainnya, mungkin mimba tak begitu populer. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini tergolong herba yang banyak memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jika dilihat sepintas, mimba memang tidak berbeda dengan tanaman pagar lainnya. Karena itu, tidak mengherankan jika belum banyak orang yang tahu, apalagi memanfaatkannya.

Menyoal kandungannya, seperti dilansir Boldsky, herba ini mengandung zat azadirachtin yang bersifat antimikroba serta berkualitas antiseptik.


Memetik Untung dari Budidaya Herba Mimba. Mau Coba?

Senyawa azadirachtin terdapat di seluruh bagian tanaman obat anggota famili Meliaceae itu. Namun, kadar azadirachtin tertinggi terdapat dalam biji. Zat aktif itulah yang bersifat antibakteri seperti Salmonella thyposa dan Salmonella aureus seperti ditunjukkan oleh hasil riset Ambarwati dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ambarwati mengatakan, kandungan senyawa aktif dalam serbuk biji mimba adalah saponin dan flavonoid.

Tak hanya itu, zat tersebut dapat mencegah pertumbuhan mikroba dan bersifat anti-inflamasi yang efektif mengatasi rasa sakit pada sendi. Bahkan, sebuah studi ilmiah mengungkap kemampuan daun mimba untuk mengurangi iritasi dan menurunkan rasa sakit pada saluran usus.

Kandungan polisakarida dalam daun mimba juga dijadikan bahan perawatan kebersihan gigi dan mulut untuk mencegah infeksi di rongga mulut.

Keuntungan lain dari mimba adalah mampu mengelola masalah jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Ekstrak daun mimba juga dapat mengurangi pembekuan darah, tekanan darah tinggi, hiperlipidemia (penyakit yang mempengaruhi kadar lemak) dan menurunkan kadar gula darah.

Herbalis: Biji Anggur Pelindung Jantung

Halaman: 
Penulis : Riana