logo


Penambahan Luas Tanam Memberi Kontribusi Besar Pada Peningkatan Produksi

Peningkatan produksi komoditas pangan seperti padi dan jagung tersebut lebih didominasi di daerah-daerah pinggiran

1 November 2016 11:42 WIB

Tanaman padi.
Tanaman padi. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Hasil Sembiring, mengatakan bahwa peningkatan produktivitas hasil pangan saat ini lebih dikarenakan oleh penambahan luas tanam di daerah.

"Daerah kita sangat luas, saat ini kita maksimalkan pemanfaatan dengan membuka lahan baru di daerah," kata Hasil di Jakarta, Selasa (1/11).

Lebih lanjut Hasil menjelaskan, peningkatan produksi komoditas pangan seperti padi dan jagung tersebut lebih didominasi di daerah-daerah pinggiran.


Provinsi Banten Dukung Percepatan Luas Tambah Tanam

"Peningkatannya terjadi di daerah-daerah pinggiran yang memiliki peningkatan luas lahan tanam. Sementara di daerah Jawa yang tidak mengalami perluasan lahan tanam belum mengalami peningkatan yang signifikan," ungkapnya.

Hasil mengatakan, salah satu faktor yang mendorong peningkatan produksi pangan ini adalah adanya sejumlah upaya khusus dari pemerintah dalam meningkatkan produktivitas, di antaranya suplai alsintan yang secara rutin dilakukan, serta subsidi pupuk dan benih yang selalu diberikan pemerintah.

Menurutnya, dengan adanya upaya khusus tersebut, peningkatan produksi sejumlah komoditas strategis akan terus meningkat.

Jaga Keberlanjutan Produktivitas Pertanian, Kementan Kembangkan Paradigma Baru

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana