logo


Pemerintah Diminta Kurangi Impor Tepung Tapioka

Kebijakan pemerintah belum pro petani

29 Oktober 2016 10:18 WIB

Ilustrasi, pekerja menjemur tepung yang terbuat dari singkong.
Ilustrasi, pekerja menjemur tepung yang terbuat dari singkong. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi IV DPR RI, Sudin, menilai bahwa merosotnya harga singkong saat ini lebih dikarenakan adanya kebijakan pemerintah yang belum pro petani singkong, yakni kebijakan impor tepung tapioka (berbahan dasar singkong) yang saat ini sudah dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Jatuhnya harga singkong karena dampak dari kebijakan Kemendag soal impor tepung tapioka. Oleh karena itu, kita minta kepada pemerintah untuk mengurangi impor, karena ada singkong hasil produksi para petani,” kata Sudin, Sabtu(29/10), kepada Jitunews.com, di Jakarta.

Menurut Sudin, impor tepung tapioka memberi dampak yang cukup besar pada kisaran harga singkong petani di tanah air. “Kalau impor tepung tapioka ini terus dilakukan, maka harga singkong pasti akan terus terpuruk, sehingga perlu dikendalikan guna menjaga harga di tingkat petani,” ungkapnya.


Catat! Ini Tips Jitu Hasilkan Umbi Singkong yang Besar dan Banyak

Sampai bulan Juni 2016 tercatat ada sekitar 416 ton tepung tapioka sudah didatangkan ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri. Dan setidaknya, setiap tahun Indonesia selalu mengimpor tepung tapioka hingga 1 juta ton.

Harga Singkong Anjlok, DPR: Mendag Harus Beri Kepastian Harga Singkong

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro
 
×
×