logo


Atasi Melorotnya Harga Singkong, Mentan-Mendag Harus Koordinasi

Atasi Melorotnya Harga Singkong, Pengamat: Mentan-Mendag Harus Lakukan Langkah Koordinasi.

28 Oktober 2016 16:00 WIB

Ilustrasi, petani memanen singkong.
Ilustrasi, petani memanen singkong. beritadaerah.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat ekonomi dari Asosiasi Ekonomi politik Indonesia, Dani Setiawan mengatasi masalah harga singkong yang saat ini terus menurun perlu ada langkah koordinansi yang baik antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan juga Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Saatnya Mentan-Mendag kembali duduk bersama membahas anjloknya harga singkong ini, karena bagaimana pun petani singkong harus diselamatkan," demikian kata Dani kepada Jitunews.com di Jakarta, Jumat (28/10).

lebih lanjut, Ia mengatakan langkah koordinasi ini penting untuk dilakukan guna memetakan kembali seberapa besar kebutuhan singkong di dalam negeri dan seberapa besar yang mampu kita penuhi dari hasil produksi singkong petani lokal.


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

"Kalau ada pemetaan yang jelaskan, kejadian banjir impor tepung tapioka seperti sekarang ini tidak akan terjadi lagi," demikian katanya.

Ia mengkhawatirkan kalau kejadian harga singkong yang terus merosot seperti sekarang ini terus terjadi maka akan menimbulkan kejenuhan di tingkat petani untuk tidak menanam singkong.

"Kejenuhan petani mungkin saja terjadi karena memang prospek harganya tidak dibenahi oleh pemerintah. Siapa sih yang pengen rugi, petani juga saya yakin tidak mau rugi," tukasnya.

Ia berharap agar pemerintah segera mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah ini.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah
 
×
×